BeritaOtomotif

Ban Mobil Sering Kempes? Ini Dia Penyebabnya

×

Ban Mobil Sering Kempes? Ini Dia Penyebabnya

Share this article
Ban Mobil Sering Kempes? Ini Dia Penyebabnya

Ban Mobil Kempes? Kenali Penyebabnya!

Ban mobil yang tiba-tiba kempes tentu bukan sesuatu yang diinginkan. Ketika hal ini terjadi saat berkendara, dapat sangat mengganggu dan bahkan membahayakan keselamatan. Mari kita bahas beberapa penyebab umum mengapa ban mobil bisa kempes.

1. Pentil Ban Bermasalah

Pentil ban berfungsi sebagai pintu masuk dan keluarnya udara. Berbagai masalah pada pentil bisa menyebabkan ban kempes, di antaranya:

  • Karat: Karat pada pentil dapat menyebabkan kebocoran udara secara perlahan.
  • Kerusakan pada karet pentil: Karet pentil yang rusak juga bisa mengakibatkan kebocoran.
  • Pentil tidak terpasang dengan rapat: Jika pentil tidak terpasang dengan baik, udara akan mudah keluar.

2. Bocor Halus

Ban juga bisa kempes karena adanya bocor halus, biasanya disebabkan oleh benda tajam, seperti paku atau serpihan kaca yang tertancap. Meskipun lubang bocornya kecil, tekanan udara dalam ban akan terus berkurang seiring waktu.

3. Efek Suhu

Perubahan suhu lingkungan berpengaruh pada tekanan udara dalam ban. Saat suhu dingin, tekanan akan menurun, sedangkan saat panas, tekanan akan meningkat. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa tekanan ban secara berkala, terutama saat ada perubahan cuaca yang signifikan.

4. Kerusakan pada Velg

Kerusakan velg juga dapat menyebabkan ban kempes. Velg yang bengkok atau retak membuat ban tidak bisa menempel dengan sempurna, sehingga menyebabkan kebocoran udara. Kerusakan ini umumnya akibat benturan dengan lubang atau trotoar.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *