BeritaTeknologi

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Dirilis, Punya Layar Terbesar dan Chip A18 Pro

×

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Dirilis, Punya Layar Terbesar dan Chip A18 Pro

Share this article
iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Dirilis, Punya Layar Terbesar dan Chip A18 Pro

Artikel Terbaru – Selain merilis iPhone 16 reguler dan iPhone 16 Plus, Apple juga meluncurkan duo iPhone 16 Pro series terbarunya, yakni iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max dalam acara bertajuk “It’s Glowtime” pada Senin (9/9/2024) waktu Amerika Serikat atau Selasa (10/9/2024) dini hari waktu Indonesia.

Sebagai penerus iPhone 15 Pro series, iPhone 16 Pro series kini dibekali dengan berbagai peningkatan. Mulai dari ukuran layar yang lebih besar, chipset yang lebih baru, kamera ultrawide yang meningkat menjadi 48 MP, ada zoom optis 5x di iPhone 16 Pro, hingga baterai yang lebih besar.

Untuk aspek layar, iPhone 16 Pro kini dibekali layar 6,3 inci, naik dari 6,1 inci pada iPhone 15 Pro tahun lalu.

Sementara iPhone 16 Pro Max dibekali layar 6,9 inci, yang menjadi rekor layar terbesar dalam sejarah iPhone. Ukuran layar ini meningkat dari 6,7 inci pada iPhone 15 Pro Max.

Duo iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max hadir dengan chip baru Apple A18 Pro yang dibuat dengan fabrikasi 3nm. Chip Apple A18 Pro diklaim menghadirkan kinerja 15 persen lebih cepat dibandingkan dengan iPhone 15 Pro series.

Ponsel ini juga menawarkan kinerja grafis yang lebih baik berkat GPU 6-core yang 20 persen lebih cepat dibandingkan A17 Pro pada iPhone 15 Pro series.

Tidak hanya itu, chip Apple A18 Pro ini dilengkapi dengan 16-core neural engine yang dikatakan akan menawarkan “kinerja luar biasa” untuk fitur-fitur baru AI, Apple Intelligence.

Fitur AI terbaru mencakup Writing Tools (menulis ulang e-mail, pesan, dll), perekaman, transkripsi, ringkasan audio, ringkasan notifikasi, Pesan Prioritas di Mail, ringkasan email, serta Siri yang didesain ulang dengan kemampuan pemahaman yang lebih kaya. Pengguna juga dapat memerintah Siri dengan ketikan.

Dalam beberapa bulan ke depan, serangkaian fitur baru akan diluncurkan – termasuk Image Playground, yang memungkinkan pengguna membuat gambar dan emoji. Integrasi Siri chatbot dari OpenAI, ChatGPT, juga akan hadir.

Saat ini, fitur-fitur AI tersebut belum tersedia sebagai fitur bawaan di iPhone 16 Pro series. Apple akan menyebarkan Apple Intelligence lewat pembaruan software gratis bulan depan dengan serangkaian fitur pertama yang mendukung Bahasa Inggris di “sebagian besar wilayah di seluruh dunia”.

Tombol Camera Control Baru

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max juga dilengkapi dengan tombol Camera Control baru. Tombol ini diposisikan di bawah tombol power yang ada di sisi kanan bodi perangkat.

Tombol Camera Control bisa berfungsi sebagai shortcut untuk membuka aplikasi kamera. Pengguna bisa menekan tombol dengan lembut untuk memfokuskan kamera pada objek, sedangkan tekanan penuh memungkinkan pengguna mengambil gambar.

Tombol ini juga sensitif terhadap sentuhan dan bisa digeser (slide) untuk menyesuaikan pengaturan zoom. Antarmuka (UI) zoom akan ditampilkan pada layar di bawah tombol Camera Control.

Tombol Camera Control juga dapat mengubah gaya foto. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah gaya di foto setelah pengguna mengambil gambar.

GSM Arena Perbandingan ukuran layar iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *