BeritaKesehatan

Cegah Badan Ngedrop, Ini 5 Jamu Masuk Angin Buat Para Pekerja

×

Cegah Badan Ngedrop, Ini 5 Jamu Masuk Angin Buat Para Pekerja

Share this article
Cegah Badan Ngedrop, Ini 5 Jamu Masuk Angin Buat Para Pekerja

Saat sakit atau masuk angin, banyak masyarakat Indonesia yang memilih minum jamu sebagai obat herbal alami. Berikut ini adalah 5 jamu untuk mengatasi masuk angin, lengkap dengan resep dan manfaatnya.

Jamu merupakan minuman khas Indonesia yang sudah lama dipercaya memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan. Terbuat dari berbagai bahan herbal, jamu kaya akan manfaat, seperti kunyit, jahe, temulawak, kayu manis, meniran, hingga daun sirih.

Selama bertahun-tahun, masyarakat Indonesia mengonsumsi jamu untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit, termasuk masuk angin. Berikut adalah 5 jenis jamu untuk mengatasi masuk angin, lengkap dengan resep dan manfaatnya.

1. Jahe

Jahe adalah salah satu bahan herbal yang efektif untuk mengatasi masuk angin. Jahe mengandung serat, zat besi, kalium, fosfor, asam folat, vitamin B2, B3, B6, C, magnesium, dan zinc.

Untuk membuat jamu jahe sangat mudah. Cukup dengan menyeduh jahe dengan air panas, lalu mengonsumsinya. Jahe juga dapat dicampurkan ke dalam teh hangat atau bahkan bisa langsung dikunyah.

2. Lemon

Lemon adalah bahan herbal lainnya yang dapat digunakan sebagai jamu alami untuk masuk angin. Lemon mengandung vitamin C, asam, dan senyawa bikarbonat. Untuk mengonsumsinya, cukup campurkan perasan lemon ke dalam air hangat.

Lemon

3. Peppermint

Peppermint juga sering digunakan sebagai bahan alami untuk meredakan gejala masuk angin. Peppermint mengandung tannin, asam fenolik, flavonoid, kalsium, triterpenes, vitamin C, dan provitamin A, serta mineral seperti fosfor, besi, dan potasium.

Cara penggunaan peppermint sebagai jamu cukup mudah, yaitu dengan menyeduh daun peppermint kering menggunakan air panas. Setelah itu, hirup uap dari rebusan daun peppermint saat masih hangat untuk meredakan mual akibat masuk angin.

Peppermint

4. Kencur

Kencur juga dapat digunakan sebagai jamu untuk mengobati masuk angin. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kencur mengandung zat sitotoksik dan antibakteri yang bermanfaat untuk meredakan diare yang disebabkan oleh masuk angin.

Cara mengonsumsi kencur adalah dengan memarut 2 buah kencur, kemudian menyeduh parutan kencur dengan air hangat dan garam secukupnya. Minumlah jamu tersebut dua kali sehari untuk hasil maksimal.

Kencur

5. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan alami yang juga efektif sebagai jamu. Kandungan antimikroba dalam bawang putih membantu melindungi tubuh dari bakteri jahat. Untuk pemakaiannya, haluskan bawang putih, lalu oleskan pada telapak tangan.

Bawang Putih

Demikian ulasan mengenai 5 jamu untuk mengatasi masuk angin yang terbuat dari bahan-bahan alami, lengkap dengan resep dan manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor: Ulil Azmi

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *