BeritaOtomotif

Jangan Abaikan Indikator Aki pada Sepeda Motor Menyala

×

Jangan Abaikan Indikator Aki pada Sepeda Motor Menyala

Share this article
Jangan Abaikan Indikator Aki pada Sepeda Motor Menyala

KLATEN – Sepeda motor terbaru kini dilengkapi dengan layar informasi yang lebih lengkap, termasuk informasi mengenai kondisi baterai atau aki.

Pengendara perlu memperhatikan jika lampu indikator baterai menyala saat motor dioperasikan. Apa sebenarnya yang diindikasikan oleh lampu indikator tersebut?

Endro Sutarno dari Divisi Layanan Teknis mengatakan bahwa motor yang dilengkapi dengan voltmeter dan lampu indikator aki biasanya tidak memiliki kick starter untuk menghidupkan mesin tanpa tenaga listrik.

“Artinya, lampu indikator dan voltmeter dapat menjadi solusi ketika tidak ada kick starter. Secara prinsip, instrumen tersebut memberikan informasi langsung kepada konsumen tentang kesehatan aki,” jelas Endro baru-baru ini.

Endro menjelaskan terdapat tiga tahap terkait kesehatan aki pada motor yang dilengkapi dengan lampu indikator dan voltmeter. Tahap pertama adalah kondisi sehat.

“Tanda aki sehat adalah ketika kontak diubah ke posisi ON dan lampu indikator aki tidak menyala, sementara voltmeter menunjukkan angka antara 11,5 volt hingga 12,5 volt,” ujar Endro.


Febri Ardani/Otomania Honda SH150i tanpa engkol kick starter

Ketika mesin dihidupkan, lampu indikator tetap mati dan angka voltmeter akan meningkat karena pengisian daya baterai.

“Waspada jika lampu indikator aki menyala merah dan voltmeter menunjukkan angka 11,4 volt dengan toleransi 0,4 volt,” tambah Endro.

Dalam kondisi ini, mesin masih dapat dihidupkan dengan mudah. Namun, tidak disarankan untuk terus membiarkannya karena sudah ada peringatan sebelumnya.

Honda Vario 125 terbaru tanpa kick starter
KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Honda Vario 125 terbaru tanpa kick starter

“Sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan aki di bengkel resmi untuk menentukan apakah perlu diganti, karena lampu indikator menyala adalah tanda bahwa aki sudah lemah,” tegas Endro.

Tahap terakhir adalah aki dalam kondisi buruk. Tanda-tandanya adalah lampu indikator aki menyala saat kontak ON dengan nilai tegangan aki hanya 10,3 volt.

“Kondisi ini dapat membuat generator arus bolak-balik (ACG) starter tidak dapat berfungsi, sehingga konsumen harus menjaga agar kondisi aki tidak sampai pada tahap ini,” tutup Endro.

Jadi, saat lampu indikator aki menyala merah, sebaiknya konsumen tidak mengabaikannya. Jangan sampai motor yang tidak dilengkapi kick starter mogok di tengah perjalanan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *