BeritaOtomotif

Belajar Sejarah Jip, Terlahir Sebagai Kendaraan Militer

×

Belajar Sejarah Jip, Terlahir Sebagai Kendaraan Militer

Share this article
Belajar Sejarah Jip, Terlahir Sebagai Kendaraan Militer

JAKARTA – Sebelum istilah Sport Utility Vehicle (SUV) dikenal, mobil yang bisa digunakan di berbagai medan disebut jip. Di masa lalu, jip yang berasal dari kata Jeep, identik dengan kendaraan militer.

Mengacu pada buku “Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini” oleh James Luhulima, jip pertama kali diciptakan untuk kebutuhan militer, sehingga dirancang tangguh untuk berbagai kondisi jalan.


Foto: Autoevolution Pada tahun 1937, Mercedez-Benz mengeluarkan Mercy G5 yang merupakan kendaraan berpengerak 4×4.

Menariknya, saat orang berbicara tentang jip, mereka biasanya merujuk pada jip Willys buatan Amerika Serikat yang pertama kali muncul pada tahun 1941.

Meskipun sering dianggap sebagai jip yang digunakan dalam perang pertama di dunia, sebenarnya dua tahun sebelum itu, Jerman sudah memiliki dua mobil yang memenuhi spesifikasi kendaraan perang.

Pada tahun 1937, Mercedez-Benz memperkenalkan Mercy G5 sebagai kendaraan berpengerak 4×4. Mobil ini ditenagai mesin 2.006 cc, 4-silinder segaris, yang menghasilkan tenaga 48 Tk.

Willys Owners Indonesia (WOI)
Willys Owners Indonesia (WOI)

Di tahun yang sama, BMW juga memperkenalkan BMW 325. Bentuk dan spesifikasinya mirip dengan Mercy G5, tetapi BMW menggunakan mesin 6-silinder segaris yang menghasilkan tenaga maksimum 50 Tk.

Pada tahun 1939, setelah Jerman memulai Perang Dunia II, Mercy G5 digunakan oleh Nazi setelah menyerbu Cekoslovakia. Bersama dengan kendaraan perang lain yang diproduksi oleh pabrikan asal Jerman, yaitu KdF Wagen Type 92.

Kemiripan antara Mercy G5 dan BMW 325 tidak tanpa alasan, kedua merek Jerman tersebut diperintahkan oleh Angkatan Darat Jerman untuk membuat mobil berpenggerak 4×4 yang seragam.

Willys Owners Indonesia (WOI)
Willys Owners Indonesia (WOI)

Sejarah mencatat bahwa Mercedez-Benz pertama kali membuat jip pada tahun 1926 yang dinamakan Mercy G1. Desainnya menyerupai truk dengan enam roda. Lalu pada tahun 1933, dikembangkan menjadi Mercy G4.

Dari G4, Mercedez-Benz kemudian melanjutkan pengembangan menjadi Mercy G5. Secara desain, Mercy G5 lebih baik dan kendaraan ini memiliki spesifikasi untuk digunakan sebagai kendaraan perang.

Kekalahan Jerman dalam Perang Dunia II pada tahun 1945 menghentikan produksi jip di negara tersebut. Sebaliknya, peran Amerika Serikat dalam Perang Dunia II membuat nama Willys dikenal di seluruh dunia yang pernah dilalui oleh tentara Amerika.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *