BeritaOtomotif

Begini Cara Membersihkan Oil Sludge pada Mesin Mobil

×

Begini Cara Membersihkan Oil Sludge pada Mesin Mobil

Share this article
Begini Cara Membersihkan Oil Sludge pada Mesin Mobil

 

SOLO – Oil sludge pada mesin mobil terbentuk dari campuran minyak pelumas dan kotoran yang perlu dibersihkan, dan caranya disesuaikan dengan tingkat keparahannya.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, menjelaskan bahwa membersihkan oil sludge pada mesin harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan kondisi mesin.

“Jika oli baru mengental, maka bisa dilakukan flushing menggunakan obat engine flush. Namun, jika sudah berbentuk lumpur, akan berbahaya jika dilakukan engine flush,” kata Iwan baru-baru ini.

Oil sludge yang telah berubah menjadi lumpur atau endapan keras dapat menimbulkan risiko jika diengine flush, karena partikel-partikel tersebut bisa terlepas dan menyebabkan penyumbatan saluran oli atau filter.


IST Oli mesin bekas bertambah dan lebih encer

Jadi, jika oil sludge sudah parah, cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan membongkar mesin.

“Mesin perlu diturunkan dan dibongkar secara menyeluruh untuk membersihkan lumpur, karena ada beberapa komponen mesin yang hanya bisa dibersihkan dengan cara dibongkar (overhaul),” ujar Iwan.

Sementara itu, Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor, menjelaskan bahwa penanganan oil sludge bervariasi tergantung pada kondisinya.

“Jika oil sludge belum parah dan hanya berupa pengentalan oli, maka penggantian oli mesin secara lebih sering dapat membantu mengikis kotoran yang mengendap di dinding mesin,” ucap Hardi.

Jika ingin mendapatkan hasil yang baik, Hardi menyarankan untuk menggunakan aditif atau solar sebagai campuran oli sebelum melakukan pengurasan.

“Umumnya, zat aditif atau solar digunakan mencampurkan dengan oli mesin sebelum dikuras, tujuannya adalah untuk mengencerkan kotoran yang menempel di dinding-dinding mesin,” jelas Hardi.

Hardi juga menekankan bahwa engine flush hanya dianjurkan jika oil sludge belum parah; jika sudah parah, metode ini tidak disarankan.

“Apabila oil sludge sudah parah, metode engine flush dapat menyebabkan kotoran terlepas dalam jumlah besar, yang dapat menyumbat saluran oli utama, sehingga metode ini tidak disarankan,” tambah Hardi.

Jika kondisinya sudah parah, penyelesaian terbaik adalah membersihkan oil sludge dengan cara menurunkan mesin agar bisa dibersihkan secara menyeluruh.

“Jika oil sludge sudah parah, mau tidak mau solusinya adalah menurunkan mesin untuk pembersihan total, sehingga hasil yang didapat akan memuaskan dan aman,” tutup Hardi.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *