BeritaOtomotif

Bolehkah Mobil Listrik Dicuci dengan Air? Ini Jawabannya

×

Bolehkah Mobil Listrik Dicuci dengan Air? Ini Jawabannya

Share this article
Bolehkah Mobil Listrik Dicuci dengan Air? Ini Jawabannya

Pernah bertanya-tanya apakah mobil listrik aman untuk dicuci? Banyak orang khawatir akan risiko korsleting jika mobil listrik terkena air.

Namun, kekhawatiran itu tidak perlu berlebihan. Mobil listrik dirancang khusus agar aman dan tahan air, bahkan saat dicuci dengan tekanan tinggi.

Dilansir dari Nissan Indonesia, mobil listrik modern telah melalui serangkaian uji ketat, termasuk “soak test” di mana mobil direndam dalam air untuk memastikan tidak ada kebocoran. Komponen-komponen penting seperti baterai, motor listrik, dan kabel-kabel telah dilapisi dengan bahan yang tahan air dan dilengkapi dengan segel kedap air.

Mengapa mobil listrik aman dicuci?

  • Desain tahan air: Komponen listrik pada mobil listrik dirancang khusus agar tahan terhadap air dan kelembaban.
  • Pelapisan protektif: Baterai dan komponen listrik lainnya dilapisi dengan bahan yang mencegah masuknya air.
  • Segel kedap air: Segel yang kuat melindungi komponen-komponen listrik dari kerusakan akibat air.

Tips Mencuci Mobil Listrik

Ilustrasi mobil listrik. (Pexels)

Meskipun mobil listrik aman untuk dicuci, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Hindari menyemprotkan air ke engine bay: Bagian ini mengandung komponen elektronik sensitif yang sebaiknya dibersihkan dengan kain microfiber dan cairan pembersih khusus.
  • Biarkan mesin dingin: Jangan mencuci mobil listrik saat mesin masih panas. Tunggu hingga mesin dingin untuk menghindari kerusakan komponen.
  • Periksa secara berkala: Setelah mencuci, periksa kembali apakah ada bagian yang basah atau lembap. Jika ada, segera lap hingga kering.

Amankah Mencuci Mobil Listrik dengan Lifter?

Ya, mencuci mobil listrik dengan lifter sama sekali tidak masalah. Proses deep cleaning dengan lifter tidak akan merusak komponen listrik mobil. Namun, pastikan Anda memilih tempat pencucian mobil yang terpercaya dan memiliki pengalaman dalam mencuci mobil listrik.

Mobil listrik dirancang untuk tahan air dan aman untuk dicuci, baik itu dengan cara manual maupun menggunakan mesin cuci mobil. Dengan perawatan yang tepat, mobil listrik Anda akan tetap awet dan berkinerja optimal.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *