BeritaOtomotif

Belajar dari Musibah Ruri Repvblik, Ini 5 Tips Aman Kendarai Moge

×

Belajar dari Musibah Ruri Repvblik, Ini 5 Tips Aman Kendarai Moge

Share this article
Belajar dari Musibah Ruri Repvblik, Ini 5 Tips Aman Kendarai Moge

Berita Terkini – Vokalis grup Band Repvblik, Ruri, mengalami nasib nahas saat mengendarai moge. Ia terlibat dalam kecelakaan tunggal di kawasan Cijeunjing, Ciamis, Jawa Barat pada Jumat siang (6/9/2024).

Kondisi terkini, ia dinyatakan stabil. Hal ini dikonfirmasi oleh manajer Ruri, Denny Bagonk.

“Alhamdulillah, Mas Ruri enggak apa-apa,” ujar Denny Bagonk lewat pesan WhatsApp, Sabtu (7/9/2024).

Kabar baik ini juga diperkuat dari postingan sang istri di akun Instagram pribadinya, chisa_anne.

“Semangat sehat sayangkuuu jagoankuuu cintakuuu,” ujar sang istri sembari memperlihatkan Ruri sedang beribadah.

Ruri Repvblik baik-baik saja usai terlibat kecelakaan tunggal saat naik moge (Instagram)
Ruri Repvblik baik-baik saja usai terlibat kecelakaan tunggal saat naik moge (Instagram)

Terlepas dari hal tersebut, tentunya ada hal yang bisa menjadi pelajaran, terutama saat mengendarai moge. Muhammad Ali Iqbal, Community Development & Safety Riding Supervisor, membagikan tips menunggangi moge dengan lancar dan aman.

1. Kenali Mogemu

Setiap moge memiliki karakteristik unik. Sebelum melaju, luangkan waktu untuk mengenal spesifikasi motor yang ingin dikendarai. Perhatikan bobot, tinggi jok, dan radius belok. Informasi ini akan sangat membantu untuk menyesuaikan gaya berkendara dengan karakteristik motor.

2. Posisi Berkendara yang Tepat

Posisi berkendara yang nyaman dan ergonomis akan meningkatkan pengendalian dan mengurangi kelelahan. Atur ketinggian jok, jangkauan tuas rem, kopling, dan gas hingga Anda merasa nyaman. Posisi kaki juga penting, pastikan lutut sedikit menekuk saat kaki menapak pijakan kaki.

3. Kuasai Teknik Berbelok

Ilustrasi Moge Honda Rebel CMX500 (astra-honda.com)
Ilustrasi Moge Honda Rebel CMX500 (astra-honda.com)

Moge memiliki radius belok yang lebih lebar dibandingkan motor bebek atau sport. Untuk berbelok dengan aman, gunakan teknik “line out the bike”. Artinya, saat berbelok, badan pengendara sedikit keluar dari garis motor. Teknik ini membantu Anda menjaga keseimbangan dan menghindari kecelakaan.

4. Siapkan Mental dan Fisik

Mengendarai moge membutuhkan konsentrasi dan kekuatan fisik yang lebih tinggi. Latih kekuatan lengan dan punggung Anda secara teratur. Selain itu, jaga kondisi mental tetap tenang dan fokus. Hindari berkendara dalam kondisi lelah atau mengantuk.

5. Lengkapi Perlengkapan Berkendara

Perlengkapan berkendara yang tepat adalah investasi terbaik untuk keselamatan Anda. Helm full face, jaket kulit, celana jeans tebal, sarung tangan, dan sepatu boot adalah perlengkapan wajib. Perlengkapan ini akan melindungi tubuh Anda dari benturan saat terjadi kecelakaan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *