BeritaOtomotif

Tips Mengelola Aplikasi agar Headunit Mobil Tidak Lemot

×

Tips Mengelola Aplikasi agar Headunit Mobil Tidak Lemot

Share this article
Tips Mengelola Aplikasi agar Headunit Mobil Tidak Lemot

JAKARTA – Performa headunit (HU) mobil sering kali diabaikan oleh pemilik kendaraan, padahal perangkat ini berperan penting dalam kenyamanan berkendara.

Kebersihan HU serta pengelolaan aplikasi yang terinstal menjadi faktor utama dalam menjaga kinerja perangkat tetap optimal.

Darmawan, Manajer Merek Asuka Car TV TJ, menjelaskan bahwa ada beberapa langkah sederhana namun krusial untuk memastikan headunit mobil berfungsi dengan baik.

Darmawan mengatakan, “Jangan lupa untuk membersihkan dan menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan.” Jika headunit memiliki RAM yang terbatas, aplikasi yang menumpuk dapat memperlambat kinerjanya.

Head unit Kia EV9 GT-Line
Foto oleh Donny
Head unit Kia EV9 GT-Line

Selain pengelolaan aplikasi, menjaga kebersihan headunit juga menjadi faktor penting. “Pastikan tangan Anda bersih sebelum menyentuh headunit. Kotoran dari tangan dapat menempel dan memengaruhi fungsi layar sentuh,” katanya.

Darmawan juga mengingatkan agar perangkat headunit terhindar dari paparan langsung sinar matahari dan debu. “Menjaga HU tetap bersih dari debu dan sinar matahari langsung akan membantu mencegah kerusakan pada layar dan komponen internal,” tambahnya.

Tak kalah penting, ia menyarankan pemilik mobil untuk rutin memeriksa dan menginstal pembaruan perangkat lunak yang tersedia. “Pembaruan perangkat lunak sering kali memperbaiki bug dan meningkatkan performa. Pastikan untuk memeriksa dan menginstalnya secara berkala agar HU Anda tetap berfungsi optimal,” jelas Darmawan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *