BeritaTeknologi

Xiaomi Juga Bikin Smartphone Layar Lipat Tiga seperti Huawei dan Oppo?

×

Xiaomi Juga Bikin Smartphone Layar Lipat Tiga seperti Huawei dan Oppo?

Share this article
Xiaomi Juga Bikin Smartphone Layar Lipat Tiga seperti Huawei dan Oppo?

Xiaomi tengah mengembangkan ponsel lipat tiga yang mengikuti tren smartphone serupa, seperti yang dilakukan oleh Huawei dan Tecno. Informasi ini muncul setelah seorang tipster China membagikan rumor tersebut melalui platform media sosial Weibo.

Tipster bernama Smart Pikachu mengungkapkan di Weibo bahwa Xiaomi sedang merancang ponsel dengan layar yang dapat dilipat tiga. Kabar ini diunggah pada akhir Agustus lalu.

Berbeda dari ponsel lipat yang ada saat ini, ponsel lipat tiga memiliki tiga bagian yang dapat dilipat. Dengan lebih banyak lipatan, ukuran layar ponsel ini pun lebih besar ketika dibentangkan sepenuhnya.

Informasi mengenai ponsel lipat tiga ini masih sangat terbatas, dan tidak ada penjelasan lebih lanjut dari tipster tersebut, sehingga desain dan spesifikasi ponsel tersebut masih menjadi tanda tanya.

Ponsel lipat biasanya merupakan smartphone flagship, dan outlet media menganggap ponsel lipat tiga dari Xiaomi kemungkinan akan dilengkapi dengan chipset premium Snapdragon serta kamera Leica, sama seperti ponsel flagship Xiaomi lainnya.

Smartphone ini diharapkan diluncurkan dengan antarmuka HyperOS 2.0 dan diperkirakan akan hadir pada tahun 2025.

Saat ini, Xiaomi telah merilis beberapa ponsel lipat dengan desain klasik, seperti Mix Fold 4 dan Mix Flip yang mengikuti gaya lipat clamshell.

Jika informasi dari tipster tersebut akurat, ini akan memperluas variasi ponsel lipat yang ditawarkan oleh Xiaomi ke depannya.

Pengembangan ponsel lipat tiga oleh Huawei, Oppo, dan Tecno

Selain Xiaomi, beberapa produsen smartphone lain seperti Huawei dan Oppo juga sedang mengembangkan ponsel lipat tiga. CEO Consumer Business Group Huawei, Richard Yu, bahkan terlihat menggunakan ponsel tersebut dengan layar sepenuhnya dibentangkan, menyerupai tablet.

TechRadar CEO Huawei untuk Consumer Business Group, Richard Yu, tengah memegang sebuah ponsel dengan layar besar, mirip seperti tablet. Ponsel ini dipercaya sebagai smartphone lipat tiga (tri-foldable) pertama Huawei.

Seorang tipster di forum Weibo, Digital Chat Station, menyebut bahwa ponsel yang digunakannya merupakan prototype yang digunakan dalam tahap penelitian dan pengembangan perangkat lipat tersebut.

Dikabarkan bahwa ponsel ini memiliki mekanisme lipatan ganda yang memungkinkan layar lipat ke dalam dan keluar. Ukuran layar perangkat ini diperkirakan mencapai sekitar 10 inci, dengan bekas lipatan layar yang dibuat sesamar mungkin.

Untuk perbandingan, ponsel lipat Samsung Galaxy Z Fold 6 memiliki layar utama berukuran 7,6 inci, sedangkan Vivo X Fold 3 Pro memiliki layar utama berukuran 8,03 inci. Dengan kata lain, jika informasi ini akurat, ponsel tri-foldable Huawei akan memiliki ukuran layar lebih besar dibandingkan kedua ponsel tersebut.

Oppo juga sedang mengembangkan ponsel lipat tiga. Render tiga dimensi ponsel tersebut telah dibagikan oleh Product Manager Oppo Find series, Zhou Yibao, di forum Weibo. Nama Find diberikan untuk smartphone lipat buatan Oppo.

Konsep ponsel lipat tiga yang dipamerkan OppoGSMArena Konsep ponsel lipat tiga yang dipamerkan Oppo

Tecno juga telah memamerkan ponsel konsep lipat tiga bernama Phantom Ultimate 2. Ponsel ini mengusung mekanisme lipatan buku dan memiliki layar yang mampu bersaing dengan layar tablet.

Tecno mengklaim bahwa perangkat ini merupakan smartphone lipat tiga pertama yang menggunakan teknologi TDDI, yang menggabungkan driver display dan sensor sentuh dalam satu chip.

Tecno pamer ponsel lipat tiga Phantom Ultimate 2. Ponsel ini masih berupa ponsel konsep. Tecno Tecno pamer ponsel lipat tiga Phantom Ultimate 2. Ponsel ini masih berupa ponsel konsep.

Ponsel lipat ini juga sangat tipis, dengan ketebalan hanya 11 mm saat dilipat. Ponsel ini telah diuji hingga 300.000 kali untuk memastikan daya tahannya, mencerminkan kehandalan produk, sebagaimana dikutip dari GSMArena.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *