BeritaTeknologi

Fitur AI Circle to Search Hadir di Samsung A55, A54, A35, A34, dan Tab S9 SE

×

Fitur AI Circle to Search Hadir di Samsung A55, A54, A35, A34, dan Tab S9 SE

Share this article
Fitur AI Circle to Search Hadir di Samsung A55, A54, A35, A34, dan Tab S9 SE

Samsung – Samsung telah resmi memperluas dukungan fitur Circle to Search ke dalam smartphone kelas menengah Galaxy A-series dan tablet Galaxy Tab S9 FE series. Pengumuman ini disampaikan Samsung melalui situs resmi perusahaan.

“Samsung hari ini mengumumkan hadirnya Circle to Search dengan Google untuk model tertentu di Galaxy A Series, yang semakin memperluas teknologi AI mobile ke lebih banyak perangkat di ekosistem Galaxy,” demikian pernyataan dari Samsung.

“Pengalaman pencarian yang inovatif ini juga akan tersedia di Galaxy Tab S9 FE dan Tab S9 FE Plus,” lanjut keterangan tersebut.

Presiden dan Kepala Bisnis Pengalaman Mobile Samsung Electronics, TM Roh, menyatakan bahwa pembaruan ini membuka berbagai kemungkinan baru untuk Galaxy A series dan Galaxy Tab S9 FE series.

“Kami berdedikasi untuk menghadirkan teknologi AI terbaik kepada khalayak yang lebih luas,” tulis Roh dalam pernyataan resmi yang dirilis sebelumnya.

Circle to Search adalah fitur yang memungkinkan pengguna mencari berbagai informasi dari layar perangkat dengan cara melingkari objek yang ingin dicari.

Setelah objek ditandai, Google Search akan melakukan pencarian dan menampilkan item terkait, sehingga pengguna bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang objek tersebut, tanpa harus mengetikkan kueri pencarian.

Menurut Samsung, Circle to Search telah menjadi fitur favorit di kalangan pengguna, terutama setelah diperkenalkan melalui smartphone Galaxy S24 series, karena menawarkan pengalaman pencarian yang lebih baik dibandingkan metode tradisional.

Samsung Ilustrasi Circle to Search di Galaxy A series

Saat ini, fitur yang sama telah dirilis untuk beberapa model Galaxy A series, termasuk Galaxy A34 hingga tablet Galaxy Tab S9 FE series, sehingga lebih banyak pengguna dapat menikmati metode pencarian transformatif ini. Berikut adalah rincian perangkat yang mendapatkan fitur Circle to Search:

  • Galaxy A55
  • Galaxy A54
  • Galaxy A35
  • Galaxy A34
  • Galaxy Tab S9 SE
  • Galaxy Tab S9 Plus SE

Samsung mengungkapkan bahwa ketersediaan Circle to Search untuk perangkat di atas akan mulai diluncurkan bulan ini. Namun, perusahaan asal Korea Selatan ini belum memberikan rincian jadwal spesifik ketersediaan di masing-masing negara, termasuk Indonesia. Kita hanya perlu menunggu perkembangan selanjutnya.

Metode “Googling” Baru di Smartphone

Circle to Search menawarkan cara baru untuk melakukan pencarian di smartphone dengan lebih mudah dan instan. Fitur ini memudahkan pengguna saat ingin mencari sesuatu tetapi tidak tahu kata kunci yang tepat.

Contohnya, jika pengguna melihat makanan jalanan Korea yang menarik tetapi tidak tahu namanya. Atau melihat vas unik yang sulit untuk dipikirkan deskripsinya.

Fitur ini juga dapat digunakan ketika pengguna ingin mengetahui merek sepatu yang dikenakan seseorang pada suatu acara tanpa harus bertanya langsung. Bahkan, ketika mencari “OOTD” alias Outfit of the Day dari boyband, girlband, atau selebriti favorit.

Dengan menggunakan Circle to Search, pengguna dapat melakukan pencarian berdasarkan konten visual, baik dari foto atau video di galeri ponsel, Instagram Stories, hingga video TikTok atau YouTube.

Selain untuk melakukan pencarian, Samsung juga menambah kemampuan Circle to Search untuk menerjemahkan apa pun yang muncul di layar.

Setelah dirilis di Galaxy S24 series, fitur AI ini juga diperluas oleh Samsung ke model ponsel flagship lainnya termasuk Galaxy S23 series, Galaxy Z Fold 5, dan Z Flip 5.

Seiring dengan peluncuran ponsel lipat terbaru, Samsung juga meningkatkan kemampuan Circle to Search di Galaxy Z Flip 6 dan Galaxy Z Fold 6. Khusus untuk kedua ponsel lipat tersebut, Circle to Search bahkan dapat digunakan untuk menyelesaikan persamaan matematika.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *