BeritaOtomotif

Video NMAX Turbo Keluar Asap Putih dari Knalpot, Coba Cek ke Bengkel

×

Video NMAX Turbo Keluar Asap Putih dari Knalpot, Coba Cek ke Bengkel

Share this article
Video NMAX Turbo Keluar Asap Putih dari Knalpot, Coba Cek ke Bengkel

JAKARTA – Yamaha NMAX Turbo adalah motor baru yang diluncurkan sekitar Juni 2024. Dalam waktu tiga bulan, NMAX Turbo telah terlihat di jalanan dan digunakan oleh para pemiliknya.

Dari pelat nomornya, motor ini terdaftar sejak Agustus, yang berarti baru sekitar satu bulan digunakan. Ada beberapa kemungkinan penyebab keluarnya asap putih dari knalpot.

Ferry Nurul Fajar, dari Service Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menjelaskan bahwa asap putih ini biasanya disebabkan oleh oli yang terbakar. Jika asap hanya muncul saat mesin dingin atau baru dinyalakan, itu masih dianggap normal, namun jika asap terus keluar, perlu dilakukan pemeriksaan.

“Asap putih disebabkan oli mesin yang melumasi dinding silinder merembes ke area pembakaran (ring oli piston tidak berfungsi dengan baik),” jelas Ferry.

Jika saat berkendara masih ada asap, sebaiknya pemilik motor diminta memberikan informasi lebih lanjut. Penyebab asap putih mungkin karena pemilik tidak melakukan inreyen dengan benar mengingat kendaraan ini baru satu bulan digunakan.

“Karena motor ini baru, penting untuk memastikan masa inreyen dilakukan dengan baik, termasuk mengganti oli pada 1.000 Km atau tidak mengemudikan motor di RPM tinggi. Jika prosedur ini diikuti, mesin dapat masuk garansi selama tiga tahun,” tambahnya.

Pada motor Yamaha, menurut Ferry, sekali lagi, penting untuk menjalani proses inreyen saat membeli motor baru. Dalam rentang 0 Km hingga 1.600 Km, pemilik disarankan untuk tidak terlalu sering menggeber motor, dan mengganti oli saat mencapai 1.000 Km atau satu bulan pemakaian untuk menjaga kondisi mesin tetap aman.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *