BeritaOtomotif

Perkembangan Tren Modifikasi HMC Memasuki Satu Dekade

×

Perkembangan Tren Modifikasi HMC Memasuki Satu Dekade

Share this article
Perkembangan Tren Modifikasi HMC Memasuki Satu Dekade

MAKASSAR – Honda Modif Contest (HMC) merupakan kompetisi modifikasi sepeda motor Honda yang telah konsisten diselenggarakan selama satu dekade. Ajang ini selalu melahirkan karya modifikasi baru dari para builder lokal di Indonesia, dan belakangan tren karya-karya yang dihasilkan telah mengalami kemajuan pesat.


AHM Modifikasi Honda di HMC 2024 Makassar

Haris Fatcurohman, builder dan penggerak Manasi Ride Surabaya yang juga menjadi salah satu juri HMC 2024 menyatakan bahwa setiap tahun HMC memiliki tren sendiri. Untuk tahun ini, perkembangan dalam kompetisi sangat menarik.

“Tren modifikasi HMC untuk tahun ini bukan lagi sekadar plug n play, tetapi sudah mulai masuk dalam ranah custom. Ini yang membedakannya, meskipun kompetisi HMC hanya untuk satu merek, imajinasi para modifikator terus berkembang,” kata Haris di Makassar, Sabtu (17/8/2024).

Haris menjelaskan bahwa kemajuan yang dirasakan oleh para pelaku modifikasi di HMC saat ini sangat signifikan dibandingkan dengan gelaran serupa tiga hingga lima tahun silam. Tren modifikasi saat ini lebih condong ke arah Gen Z, dengan selera yang didasari permainan detail dan komposisi warna yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Pemenang HMC Makassar 2024
Dok. Aditya Niagara Pemenang Honda Modif Contest (HMC) Makassar 2024

Kondisi ini terlihat sebagai peluang bagi penyelenggara HMC ke depan untuk berkembang ke jenjang yang lebih tinggi, termasuk kemungkinan berkompetisi di kelas internasional. “HMC memiliki cakupan nasional, tapi kami memiliki Honda Dream Ride Project (HDRP) yang mampu bersaing dengan modifikasi di luar negeri. Mungkin ke depannya HMC bisa berkembang internasional, sehingga builder dari Indonesia bisa menunjukkan karya dan kemampuan mereka,” ujar Haris.

Agus Ficdiyanto, juri serta pemenang HMC sebelumnya dari Alpha Sierra Custom juga menjelaskan bahwa proses perkembangan modifikasi di ajang HMC sangat baik. Modifikator kini tidak hanya mengandalkan konsep yang matang, tetapi juga pada penyelarasan karya dan penyempurnaan detailnya.

Modifikasi Honda Supra Fit HMC Makassar 2024
AHM Modifikasi Honda Supra Fit HMC Makassar 2024

“Saat ini, modifikasi sudah melangkah ke arah detail yang lebih dalam. Konsep sudah bisa dikembangkan lebih lanjut dengan fokus pada detail yang lebih baik. Ini mencerminkan perkembangan tren di kalangan modifikator HMC,” kata Agus.

Andhika Sabmarin, Manajer Aktivasi Merek HMC juga menambahkan bahwa perjalanan HMC selama satu dekade telah membawa banyak kemajuan, baik dari segi modifikasi yang ditampilkan maupun jumlah peserta yang terlibat.

Para juri HMC 2024
Dok. Aditya Niagara Para juri HMC 2024

“Perjalanan selama 10 tahun, dari 2004 hingga 2024, telah memberikan banyak pembelajaran, terutama dari peserta. Kota-kota tempat penyelenggaraan juga semakin bertambah, dengan jumlah peserta masing-masing wilayah rata-rata sekitar 150 orang setiap tahunnya. Intinya kami ingin terus berkembang,” ungkap Andhika.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *