BeritaOtomotif

Mengapa Tekanan Udara Ban Rendah Berbahaya?

×

Mengapa Tekanan Udara Ban Rendah Berbahaya?

Share this article
Mengapa Tekanan Udara Ban Rendah Berbahaya?

JAKARTA – Pecah ban saat berkendara bisa menjadi salah satu pengalaman yang paling menegangkan bagi pengemudi. Fisa Rizqiano, Deputi Kepala Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia, menjelaskan bahwa salah satu penyebab utama insiden ini adalah tekanan udara ban yang berada di bawah standar.

“Ban dengan tekanan udara rendah cenderung lebih melentur dibandingkan dengan ban yang memiliki tekanan normal, sehingga struktur bagian dalam ban mengalami tekanan berlebih,” ujar Fisa baru-baru ini.

Menurutnya, hal ini dapat menyebabkan panas yang berlebihan dan pada akhirnya ban pecah, terutama dalam kondisi cuaca yang sangat panas.


Breakerlink Perlunya menyesuaikan tekanan angin ban.

Fisa juga menekankan pentingnya distribusi beban yang merata dan tidak terkonsentrasi di salah satu atau sebagian ban saja.

“Distribusi beban yang tidak seimbang, di mana berat muatan terkonsentrasi pada satu sisi atau sudut kendaraan, juga dapat mempercepat kerusakan ban,” tambahnya.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan ini, Fisa menyarankan pengemudi untuk selalu memeriksa tekanan angin ban secara rutin dan memastikan bahwa beban kendaraan tidak melebihi kapasitas yang disarankan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *