BeritaOtomotif

Tips Mengemudikan Mobil Matik Saat Kondisi Jalan Macet

×

Tips Mengemudikan Mobil Matik Saat Kondisi Jalan Macet

Share this article
Tips Mengemudikan Mobil Matik Saat Kondisi Jalan Macet

SOLO – Mengemudikan mobil matik saat kemacetan memerlukan perhatian khusus dan penerapan teknik yang tepat untuk memastikan keselamatan serta kenyamanan. Pelatihan dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menjelaskan pentingnya menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan saat mengalami kemacetan.


Kompas.com/Donny Pedal rem dan pedal gas Toyota All New Voxy

Menurut Sony, saat kendaraan di depan mulai bergerak, penting untuk menjaga jarak minimal dua meter. Setelah jarak tersebut tercapai, lepaskan kaki dari pedal rem agar mobil matik bisa melaju perlahan secara otomatis. Hal ini membantu menjaga pergerakan yang halus dan meminimalkan risiko kecelakaan akibat jarak terlalu dekat.

Dia juga menyarankan agar posisi tumit kaki tetap berada di depan pedal rem dan tidak berpindah-pindah agar rem dapat digunakan dengan lebih efektif. “Posisi tumit kaki harus selalu di depan pedal rem, ini untuk memastikan pengereman yang baik,” tambahnya.

Sebagai tambahan, Muchlis, pemilik bengkel spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, merekomendasikan untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi N saat macet. Ini dapat membantu mengurangi beban pada transmisi dan mencegah kerusakan. “Jika kendaraan berhenti lebih dari lima detik, sebaiknya pindah ke N. Posisi tuas di N sambil mengaktifkan rem tangan akan lebih aman,” jelas Muchlis.

Dengan menerapkan teknik mengemudi yang tepat, terutama saat lalu lintas padat, diharapkan dapat menjaga keselamatan dan keawetan kendaraan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *