BeritaEntertainmentSelebritis

Nama Jenderal Moerdiono Tak Ada di Akta Kelahirannya, Iqbal Ramadhan Sulit Masuk Sekolah

×

Nama Jenderal Moerdiono Tak Ada di Akta Kelahirannya, Iqbal Ramadhan Sulit Masuk Sekolah

Share this article
Nama Jenderal Moerdiono Tak Ada di Akta Kelahirannya, Iqbal Ramadhan Sulit Masuk Sekolah

Iqbal Ramadhan baru-baru ini viral karena mengalami penahanan dan kekerasan saat berpartisipasi dalam aksi unjuk rasa menolak revisi RUU Pilkada. Masa lalunya pun kembali mendapatkan perhatian publik.

Iqbal Ramadhan merupakan anak dari Jenderal TNI dan mantan Menteri Sekretaris Negara di era Orde Baru, Moerdiono, serta penyanyi dangdut Machica Mochtar. Mereka menikah secara siri.

Dalam sebuah acara yang dipandu Aiman Witjaksono, Machica menyampaikan dampak dari pernikahannya yang tidak tercatat secara resmi. Salah satu kesulitan yang dialaminya adalah dalam proses penyekolahan Iqbal akibat masalah administrasi.

Di akta kelahiran Iqbal, nama ayahnya, Moerdiono, tidak tercantum. Padahal, salah satu syarat untuk mendaftar sekolah adalah mencantumkan nama ayah.

“Karena saya menikah dengan Pak Moer itu kan kalau secara Islam itu sah tapi negara tidak mengakui itu,” jelas Machica Mochtar.

Untuk mendapatkan keadilan bagi putranya, Machica Mochtar berjuang hingga ke Mahkamah Konstitusi (MK), dan MK pun mengabulkan uji materi tentang UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

“Makanya saya berjuang supaya anak saya ini bisa mendapatkan akta kelahirannya karena di akta kelahiran cuma atas nama saya,” tambahnya.

Dokumentasi Mensesneg Moerdiono. (Foto ANTARA/PF06)

“Saya berjuang sampai ke Mahkamah Konstitusi kemudian dikabulkan tapi tidak bisa diberlakukan kepada anak saya karena anak saya lahir tahun 96,” ungkap Machica.

Putusan tersebut tidak dapat diterapkan pada anaknya karena ia lahir pada tahun 1996.

“Putusan Mahkamah Konstitusi yang disahkan adalah tahun 2011, jadi tidak berlaku surut,” tambah Machica Mochtar.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *