BeritaOtomotif

Gaya Balap Mirip Acosta, Bastianini Bakal Mudah Adaptasi di KTM

×

Gaya Balap Mirip Acosta, Bastianini Bakal Mudah Adaptasi di KTM

Share this article
Gaya Balap Mirip Acosta, Bastianini Bakal Mudah Adaptasi di KTM

JAKARTA – Musim depan, Enea Bastianini akan berpindah dari Ducati Lenovo dan bergabung dengan tim KTM Tech3. Pebalap asal Italia ini akan kembali bersinergi dengan Alberto Giribuola.

Giribuola adalah mantan kepala kru Bastianini di Gresini Racing. Keduanya berpisah ketika Bastianini dipromosikan ke tim pabrikan Ducati Lenovo.


AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Pebalap Ducati, Enea Bastianini, saat mengikuti Free Practice 2 MotoGP Portugal 2024 di Sirkuit Internasional Algarve di Portimao, Jumat (22/3/2024). Enea Bastianini meraih pole position pada Kualifikasi MotoGP Portugal 2024. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Giribuola yang mengenal betul kemampuan Bastianini percaya bahwa pebalap berambut keriting itu akan cepat beradaptasi dengan motor barunya di musim depan.

Adaptasi ini bukan hanya didasarkan pada teknologi motor yang dapat bersaing dengan Ducati Desmosedici GP24, tetapi juga karena gaya balap Bastianini mirip dengan Pedro Acosta, yang musim depan akan bergabung dengan tim Red Bull KTM.

“Keduanya sangat terampil dalam mengoptimalkan pengereman, dan mereka menginginkan kestabilan di bagian depan motor. RC16 akan bekerja dengan baik jika dikendarai dengan cara ini,” ujar Giribuola, seperti dilansir dari GPOne, Rabu (3/9/2024).

“Pada akhir 2022, kami sempat bercanda bahwa kami akan bertemu di pit yang berbeda di masa depan, dan sekarang itu menjadi kenyataan,” tambahnya.

Pedro Acosta saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024
Dok. @37pedroacosta Pedro Acosta saat berlaga pada MotoGP Amerika 2024

Namun, Bastianini tidak akan langsung menemukan keselarasan dengan motor barunya. Giribuola menyatakan bahwa KTM RC16 memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan motor Ducati.

“Menurut saya, pada awalnya Enea perlu beradaptasi, karena ini adalah motor yang berbeda. Jadi dia harus mengembangkan gaya balapnya,” ujar Giribuola.

Giribuola juga menjelaskan bahwa di tim KTM Tech3, Bastianini bisa lebih santai, karena atmosfer tim ini berbeda dibandingkan dengan tim pabrikan, khususnya tim pabrikan Ducati. Atmosfer mungkin akan lebih mirip dengan Gresini Racing.

“Di Tech3, Anda bisa sedikit santai, setidaknya tidak ada tekanan berlebihan, meskipun tetap ini merupakan tim resmi dan mendapatkan dukungan yang setara dengan tim pabrikan,” imbuhnya.

“Saya rasa kami akan bisa melakukannya sebaik waktu Enea berada di Gresini,” ungkap Giribuola.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *