BeritaOtomotif

Apakah Motor Wajib Pakai QR Code untuk Beli Pertalite? Begini Penjelasan dari Pertamina

×

Apakah Motor Wajib Pakai QR Code untuk Beli Pertalite? Begini Penjelasan dari Pertamina

Share this article
Apakah Motor Wajib Pakai QR Code untuk Beli Pertalite? Begini Penjelasan dari Pertamina

Pembatasan Penggunaan BBM Subsidi oleh Pertamina

Pertamina mulai menerapkan pembatasan untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan Solar melalui penggunaan QR Code.

QR Code ini diperoleh dengan cara mendaftarkan kendaraan untuk program Subsidi Tepat. Pendaftaran berlaku di wilayah tahap 1 yang mencakup Jawa, Madura, Bali, serta beberapa wilayah lain seperti Kepri, NTT, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Oleh karena itu, konsumen diharapkan segera mendaftarkan kendaraan mereka agar dapat memanfaatkan fasilitas BBM subsidi ini ke depannya.

Apakah program ini berlaku untuk semua kendaraan, baik roda dua maupun roda empat? Saat ini, Pertamina masih memfokuskan pembatasan ini pada kendaraan roda empat saja.

Ilustrasi QR Code untuk pembelian BBM Subsidi. [Dok. Pertamina]

“Wilayah pendaftaran QR Code Pertalite dilakukan secara bertahap dan khusus untuk kendaraan roda 4. Saat ini, pendaftaran QR Code difokuskan di wilayah Jawa, Madura, Bali (JAMALI) dan sebagian wilayah non-Jamali seperti Kepri, NTT, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu dan Kabupaten Timika,” ujar Heppy Wulansari, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga.

“Diharapkan tahap 1 bisa tercapai 100 persen pada akhir September 2024. Sisanya akan dilakukan tahap kedua yang direncanakan paling cepat bulan Oktober-November 2024,” tambah Heppy.

Pengguna motor saat ini tidak diwajibkan untuk menggunakan QR Code saat pembelian Pertalite. Namun, di masa depan, bukan tidak mungkin jika penggunaan QR Code ini diaplikasikan pada kendaraan roda dua juga.

Langkah-langkah Membuat QR Code Pertalite

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan: foto Kartu Tanda Penduduk (KTP), foto Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), foto kendaraan beserta nomor polisi, dan foto surat rekomendasi dari dinas terkait (untuk non-kendaraan).
  2. Akses Situs Subsidi Tepat: Buka situs melalui browser di komputer atau ponselmu.
  3. Daftar Akun Baru: Klik tombol “Daftar Sekarang” dan isi formulir pendaftaran dengan data yang valid. Pastikan nomor ponsel dan email yang kamu masukkan aktif.
  4. Aktivasi Akun: Setelah mendaftar, kamu akan menerima email aktivasi. Klik tautan aktivasi di email tersebut untuk mengaktifkan akunmu.
  5. Login dan Lengkapi Data: Login ke akunmu menggunakan NIK dan kata sandi yang telah didaftarkan. Lengkapi data kendaraanmu sesuai dokumen yang telah disiapkan.
  6. Unggah Dokumen: Unggah foto-foto dokumen yang telah disiapkan, seperti KTP, STNK, dan foto kendaraan.
  7. Submit Pendaftaran: Setelah semua data terisi dengan benar, submit pendaftaranmu.

Setelah proses pendaftaran selesai, QR Code-mu akan tersedia di akun Subsidi Tepat. Kamu dapat mencetak QR Code tersebut atau menyimpannya dalam bentuk digital di ponselmu. Saat membeli Pertalite di SPBU, cukup tunjukkan QR Code tersebut kepada petugas.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *