BeritaOtomotif

Jangan Salah Pilih Tipe Ban Mobil, Berpengaruh Pada Kenyamanan

×

Jangan Salah Pilih Tipe Ban Mobil, Berpengaruh Pada Kenyamanan

Share this article
Jangan Salah Pilih Tipe Ban Mobil, Berpengaruh Pada Kenyamanan

JAKARTA – Pemilihan jenis ban untuk kendaraan sehari-hari mungkin terlihat sepele, tetapi sebenarnya merupakan faktor penting. Ban yang tepat dapat memberikan kenyamanan atau sebaliknya, membuat perjalanan tidak nyaman.

Bagus Raditya, Supervisor Trijaya Ban 83 di Otista, Jakarta Timur, menyarankan agar pemilik kendaraan mengetahui jenis jalan yang sering dilalui sebelum memilih tipe ban yang sesuai.


Dok. Bridgestone Ban mobil Bridgestone hadir di GIIAS 2024

Adit menjelaskan bahwa untuk penggunaan di jalan umum, terdapat berbagai jenis ban yang dapat dipilih, tergantung pada kebutuhan, apakah pengemudi lebih menyukai pengendalian yang sporti atau kenyamanan.

“Di jalan umum, pemilik mobil bisa menggunakan ban biasa yang memiliki banyak pilihan, tergantung preferensi mereka terhadap grip dan pengendalian,” ucap Adit.

“Setiap merek ban biasanya memiliki pola yang berbeda; misalnya, pada Bridgestone, untuk performa sporty ada tipe Potenza, sementara yang dirancang untuk kenyamanan adalah Turanza,” tambahnya.

Jika kendaraan sering melintasi jalan tanah atau off road ringan, disarankan untuk memilih ban tipe All Terrain (AT). Sesuai dengan namanya, ban ini cocok digunakan di berbagai jenis jalan, baik di permukaan off road maupun on road.

Tambal ban mobil metode cacing
KOMPAS.com/ SELMA AULIA Tambal ban mobil metode cacing

Sementara itu, ban MT yang merupakan singkatan dari Mud Terrain dirancang untuk tugas berat dan lebih cocok untuk kendaraan SUV yang beroperasi di area tambang atau perkebunan.

“Jika sering berkendara di jalan berbatu atau tanah, sebaiknya pilih ban tipe AT atau MT, karena masing-masing memiliki kegunaan tertentu,” katanya.

“Sebagai contoh, ban tipe AT akan menghasilkan suara bising jika digunakan di jalan raya. Sedangkan untuk penggunaan di area berlumpur, ban MT, yang sering disebut sebagai ban pacul, akan memberikan traksi yang lebih baik,” jelas Adit.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *