BeritaOtomotif

Lihat Lebih Dekat Toyota Innova Zenix Paus Fransiskus, Ternyata Ini Istimewanya

×

Lihat Lebih Dekat Toyota Innova Zenix Paus Fransiskus, Ternyata Ini Istimewanya

Share this article
Lihat Lebih Dekat Toyota Innova Zenix Paus Fransiskus, Ternyata Ini Istimewanya

Paus Fransiskus – Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus menggunakan kendaraan Toyota Innova Zenix selama kunjungan kenegaraan ke Indonesia, pada Selasa, 3 September 2024.

Setelah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Paus melanjutkan perjalanan menuju Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta dengan menggunakan Toyota Innova Zenix berwarna putih dan pelat nomor SCV-1.

Di bagian depan kendaraan tersebut, terlihat terpasang bendera Indonesia dan bendera Katedral.

Toyota Innova Zenix diperkenalkan secara global di Indonesia pada November 2022. Mobil ini tersedia dalam dua varian, yaitu bermesin hybrid dan mesin bensin 2.0L.

Pada varian hybrid, Kijang Innova Zenix tersedia dalam tiga tipe utama: G, V, dan Q sebagai tipe tertinggi. Sementara varian mesin bensin ditawarkan dalam dua tipe, yaitu G dan V.

Kijang Innova Zenix telah menggunakan platform global TNGA (Toyota New Global Architecture) dengan struktur monokok berpenggerak roda depan serta teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5.

Platform baru ini memungkinkan disematkannya berbagai teknologi terbaru pada All New Kijang Innova Zenix, seperti mesin 2.0L TNGA, generasi ke-5 Toyota Hybrid System, dan transmisi 10-Speed Direct Shift CVT.

All New Kijang Innova Zenix dilengkapi mesin TNGA 2.0 berkode M20A-FKS, Dynamic Force Engine 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i, yang mampu menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500 – 4.900 rpm.

Sementara mesin TNGA 2.0 berkode M20A-FXS pada All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm.

Ketika beroperasi, kinerja mesin tersebut akan diperkuat oleh motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 Kgm, sehingga menghasilkan tenaga gabungan mencapai 186 PS.

Seluruh tipe Innova Zenix kini hanya tersedia dengan transmisi CVT berkode K120 10 percepatan, tanpa lagi pilihan transmisi manual.

All New Kijang Innova Zenix hadir dengan konsep eksterior “Glamorous and Tough”. Tampilan tangguh terlihat dari bagian depan, berkat desain New Crossover Front Looks dengan desain grille depan baru dan dilengkapi dengan lampu LED.

Mobil ini tersedia dengan pilihan velg alloy berukuran 16 inci (G), 17 inci (V), dan 18 inci (Q). All New Kijang Innova Zenix memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm, dengan wheelbase 2.850 mm.

Pilar A pada sisi samping terlihat lebih tegak, sementara pilar D terlihat lebih landai. Di bagian belakang, Innova Zenix menampilkan kombinasi lampu belakang baru yang lebih dinamis.

Kijang Innova Zenix menawarkan beragam fitur unggulan, mulai dari atap panoramik yang dapat ditarik (Q dan V hybrid), kursi captain dengan Ottoman (Q hybrid), head unit 10 inci dengan konektivitas smartphone (Q dan V hybrid), hingga Multi Information Display (MID) 7 inci.

Selain itu, ada fitur hiburan belakang ganda dengan ukuran 10 inci (Q dan V), teknologi berbasis telematika T Intouch, serta teknologi keselamatan canggih Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 (Q hybrid).

Teknologi keselamatan TSS 3.0 terdiri atas Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Alert (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Mobil ini hadir dalam lima pilihan warna: Platinum White Pearl, Silver Metallic, Gray Metallic, Attitude Black, dan Dark Steel Metallic.

Menurut informasi terkini, varian bensin All New Kijang Innova Zenix dibanderol mulai dari Rp430 juta, sementara varian hybrid dijual mulai dari Rp477 juta.

Paus Fransiskus mengunjungi Indonesia selama periode 3-6 September 2024 sebagai bagian dari rangkaian lawatan ke kawasan Asia-Oseania. Hingga kini, tiga Pemimpin Gereja Katolik Roma telah mengunjungi Indonesia. Selain Paus Fransiskus pada 2024, dua lainnya yang pernah melakukan kunjungan adalah Paus Paulus VI pada 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada 1989.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *