BeritaOtomotif

Tes Lengkap Nissan Serena e-Power, dari Desain ke Biaya Kepemilikan

×

Tes Lengkap Nissan Serena e-Power, dari Desain ke Biaya Kepemilikan

Share this article
Tes Lengkap Nissan Serena e-Power, dari Desain ke Biaya Kepemilikan

JAKARTA – Nissan Serena e-Power tersedia dengan harga mulai Rp 635 juta. Dalam segi harga, model ini dapat dibandingkan dengan MPV Hybrid lainnya seperti Toyota Innova Zenix Hybrid.

Peluang untuk menguji Serena e-Power selama beberapa hari telah diperoleh. Dalam ulasan lengkap ini, akan dibahas mulai dari desain, spesifikasi, fitur, pengalaman berkendara, hingga biaya kepemilikan.

Tampilan eksterior dari Serena e-Power (C28) mengalami perubahan signifikan dibandingkan model sebelumnya. Namun, dari siluet bodi secara keseluruhan, bentuknya tidak jauh berbeda dari Serena seri C27.

Bagian depan menunjukkan perbedaan yang jelas dengan model sebelumnya. Desain lampu kini selaras dengan grille V-Motion, menggunakan tiga proyektor LED yang disusun bertumpuk.

Desain bumper juga telah dimodifikasi, dilengkapi kisi-kisi udara di bagian samping untuk membantu aliran udara saat mobil berjalan.

Dari tampilan samping, ciri khas MPV boxy terlihat pada kaca pintu pengemudi, pintu penumpang, dan baris ketiga yang memiliki ukuran besar. Terdapat juga pintu geser yang dapat dibuka otomatis.

Peleknya menggunakan model dual tone dengan kombinasi warna hitam dan silver, berukuran 16 inci dan dibalut ban berukuran 205/65, masih proporsional dengan bodi boxy.

Nissan Serena ePower

Di bagian samping juga terlihat ornamen tulisan SERENA yang terukir di bodi, tepatnya di antara lampu dan kaca samping. Ditambah logo e-Power di pintu pengemudi dan penumpang depan.

Untuk tampilan belakang, pintu bagasi dapat dibuka dua bagian, baik hanya kaca maupun pintunya. Terdapat ornamen krom di atas tempat pelat mobil serta tulisan SERENA yang besar dan logo Nissan di atasnya.

Kaca belakang besar, dilengkapi lampu kombinasi yang sudah menggunakan LED. Ada spoiler di bagian atas dan tulisan seperti Highway Star serta e-Power di bagian bawah pintu bagasi.

Masuk ke dalam kabin, desain dasbor terlihat simpel. Model instrumen kluster terintegrasi dengan layar head unit, yang sudah TFT dan layar sentuh.

Nissan Serena ePowerNissan Serena ePower

Bagian setir didesain dengan bentuk flat bottom yang tidak bulat sempurna. Terdapat beberapa tombol, di sisi kanan untuk fitur ProPilot (ADAS), dan di kiri untuk audio seperti pengaturan volume dan pemilihan lagu yang diputar serta pengaturan MID.

Untuk bagian tengah, di bawah head unit terdapat kisi-kisi AC dengan tombol on/off layar dan volume audio. Juga terdapat tombol pintas untuk akses ke kamera 360, sehingga tidak perlu masuk gigi mundur atau via head unit.

Di bawahnya terdapat kenop putar dan tekan untuk mengatur suhu AC pada sisi pengemudi dan penumpang (dual zone), serta transmisi berupa tombol P, R, N, dan D/B serta mode EV dan e-Pedal.

Bangku pengemudi dan penumpang dilapisi bahan kulit dan dilengkapi armrest agar nyaman saat berkendara.

Nissan Serena ePowerNissan Serena ePower

Bangku di baris kedua menggunakan model captain seat dengan sandaran tangan di sisi kanan dan kiri. Bangkunya dapat digeser maju-mundur, direbahkan, dan digeser kanan-kiri, sehingga penumpang belakang merasa lebih leluasa.

Penumpang di baris kedua juga dapat mengatur suhu dan kecepatan AC sendiri, berbeda dengan pengaturan di depan. Tersedia colokan USB dan meja lipat dengan cup holder.

Untuk baris ketiga, dapat menampung hingga tiga orang dengan nyaman, dilengkapi sandaran kepala untuk masing-masing penumpang dan bangku yang dapat direbahkan.

Mengenai ruang bagasi, ukurannya cukup lega. Jika ingin lebih luas, baris ketiga bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi.

Nissan Serena ePowerNissan Serena ePower

Spesifikasi dan Fitur Nissan Serena e-Power

Dalam hal spesifikasi, dimensi Serena e-Power adalah panjang 4.765mm, lebar 1.715mm, tinggi 1.885mm, dan ground clearance 150mm. Jika dibandingkan dengan Innova Zenix, Serena lebih panjang dan lebih tinggi, tetapi hanya kalah dalam lebar.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *