BeritaOtomotif

Kebiasaan Buruk Menempelkan Kaki di Tuas Kopling Mobil Manual

×

Kebiasaan Buruk Menempelkan Kaki di Tuas Kopling Mobil Manual

Share this article
Kebiasaan Buruk Menempelkan Kaki di Tuas Kopling Mobil Manual

JAKARTA – Mengemudikan mobil manual memerlukan koordinasi yang baik antara kaki dan tangan.

Namun, terdapat kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengemudi, terutama yang masih belajar atau baru mulai mengemudi, yaitu menempelkan kaki di atas tuas kopling secara terus-menerus.

Kebiasaan ini mungkin terasa nyaman, tetapi dapat menimbulkan risiko serius terhadap performa kendaraan dan keselamatan pengemudi di jalan.

Ilustrasi transmisi manual
Suzukigunungsahari.co.id Ilustrasi transmisi manual

Menurut Lung Lung, pemilik Dokter Mobil, kebiasaan menempelkan kaki di atas tuas kopling saat tidak diperlukan dapat mempercepat keausan pada komponen kopling.

“Kebiasaan ini bisa membuat kopling terus-menerus tertekan di saat yang tidak dibutuhkan, yang pada akhirnya menyebabkan kampas kopling cepat aus dan berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen transmisi lainnya,” jelas Lung Lung.

Lebih jauh, Lung Lung menjelaskan bahwa kebiasaan ini juga mempengaruhi kenyamanan berkendara.

“Selain merusak komponen, kopling yang terus-menerus tertekan juga bisa membuat kaki pengemudi lebih cepat lelah, terutama saat berkendara jarak jauh,” tambahnya.

Lung Lung menyarankan para pengemudi mobil manual untuk lebih disiplin dalam menggunakan kopling, yaitu hanya menekannya ketika benar-benar diperlukan, seperti saat pergantian gigi atau berhenti di lampu merah.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *