BeritaTeknologi

Samsung Rilis Galaxy Quantum 5, HP dengan Chip Keamanan Khusus

×

Samsung Rilis Galaxy Quantum 5, HP dengan Chip Keamanan Khusus

Share this article
Samsung Rilis Galaxy Quantum 5, HP dengan Chip Keamanan Khusus

Samsung baru saja meluncurkan smartphone terbarunya, yaitu Galaxy Quantum 5, pada Minggu (1/9/2024). Pada dasarnya, perangkat ini merupakan modifikasi dari Galaxy A55. Smartphone ini dilengkapi dengan chip khusus yang diklaim memberikan keamanan lebih baik.

Chip keamanan pada Galaxy Quantum 5 dikenal sebagai Quantum Random Number Generator (QRNG). Chip ini memanfaatkan mekanika kuantum untuk menghasilkan angka acak yang digunakan dalam proses enkripsi dan dekripsi data sensitif seperti password dan data biometrik.

Chip ini dikembangkan secara independen oleh ID Quantique (IDQ). Mekanisme pengacakan angka pada chip ini mampu membatasi kemungkinan gangguan dari luar, yang biasanya menyerang metode angka acak tradisional.

Galaxy Quantum 5 dirilis sebagai penerus dari Galaxy Quantum 4 dan hasil kerja sama dengan operator seluler Korea Selatan, SK Telecom. Oleh karena itu, smartphone ini hanya tersedia di pasar Korea Selatan, seperti seri Quantum lainnya.

“Galaxy Quantum 5 adalah seri Quantum terbaru, kini dengan performa premium dan fitur AI yang lebih mendukung kecanggihan smartphone,” kata Yoo Chul-joon, Kepala Smart Device CT di SK Telecom.


Samsung Samsung Galaxy Quantum 5, HP dengan chip keamanan khusus

Samsung Galaxy Quantum 5 hadir dengan layar Super AMOLED berukuran 6,6 inci, resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, HDR10+, dan kaca pelindung Gorilla Glass Victus+.

Perangkat ini ditenagai oleh System-on-chip (SoC) Exynos 1480, dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan sebesar 128 GB.

Dari segi kamera, Samsung Galaxy Quantum 5 dilengkapi dengan kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera makro 5 MP. Sementara itu, kamera depannya memiliki resolusi 32 MP yang mampu merekam video berkualitas 4K pada 30 fps.

Samsung Galaxy Quantum 5 memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 25 watt.

Perangkat ini berjalan dengan sistem operasi Android 14. Fitur lainnya meliputi WiFi 6, jaringan 5G, Bluetooth 5.3, NFC, serta USB-C.

Harga Galaxy Quantum 5 adalah 618.200 won, yang setara sekitar Rp 7,1 juta. Smartphone ini tersedia dalam tiga pilihan warna: Awesome Ice Blue, Awesome Lilac, dan Awesome Navy.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *