BeritaOtomotif

Sering Dianggap Kurang Bertenaga, Ini Tips Menggunakan Mobil Matic saat akan Mendahului

×

Sering Dianggap Kurang Bertenaga, Ini Tips Menggunakan Mobil Matic saat akan Mendahului

Share this article
Sering Dianggap Kurang Bertenaga, Ini Tips Menggunakan Mobil Matic saat akan Mendahului

Mobil Matic – Stigma mobil matic sering kali dikaitkan dengan performa yang lambat atau kurang bertenaga, terutama saat hendak menyalip kendaraan lain.

Banyak dari persepsi tersebut berakar dari kurangnya pemahaman pengemudi mengenai cara kerja mobil matic.

Namun, ada beberapa cara untuk memastikan tenaga mobil matic tetap optimal di segala medan. Salah satunya adalah dengan menempatkan tuas transmisi sesuai kebutuhan.

Menurut beberapa ahli, penting untuk menggunakan teknik tertentu saat mengemudikan mobil matic agar performanya maksimal.

1. Aktifkan Tombol Overdrive Off

Pengoperasian mobil matic yang benar membuat proses menyalip kendaraan menjadi lebih mudah. Mobil matic biasanya dilengkapi dengan tombol OD OFF (Overdrive Off) yang dapat membantu meningkatkan responsivitas saat mengemudi.

Dengan mengaktifkan tombol OD OFF, gigi transmisi tidak berada di posisi teratas, tetapi satu tingkat lebih rendah. Hal ini memungkinkan mobil untuk lebih responsif karena semakin rendah gigi percepatan, semakin baik performanya.

Tombol OD OFF sangat berguna saat pengemudi ingin menyalip atau menanjak pada kecepatan tertentu. Dengan gigi yang lebih rendah, Anda hanya perlu menginjak pedal gas dengan spontan untuk meningkatkan kecepatan.

2. Geser Tuas Transmisi ke Posisi Lebih Rendah

Anda juga bisa menggeser tuas transmisi dari D ke posisi 3 atau 4, tergantung pada jumlah rasio gigi mobil. Setelah berhasil mendahului, kembalikan tuas ke posisi D. Metode ini mirip dengan OD OFF, di mana posisi gigi akan tertahan satu tingkat lebih rendah dari posisi tertinggi.

3. Pindahkan Tuas Transmisi ke Posisi M atau S

Sebagian mobil matic memiliki pilihan posisi M (Manual) atau S (Sport) pada tuas transmisi. Biasanya disertai dengan tanda + dan – untuk menaikkan atau menurunkan posisi gigi. Sesuaikan posisi gigi 1 atau 2 step berdasarkan kebutuhan Anda.

4. Lakukan Kickdown

Bagi Anda yang tidak ingin repot, cukup lakukan kickdown. Kickdown berarti menekan pedal gas lebih dalam sehingga sistem akan mendeteksi kebutuhan tenaga yang lebih besar.

Dari situ, gigi transmisi secara otomatis akan turun ke posisi yang lebih rendah untuk menghasilkan torsi yang lebih besar. Sistem kontrol dalam transmisi matic akan menyesuaikan rasio gigi berdasarkan perbandingan antara RPM mesin dan kecepatan mobil.

5. Gunakan Mode Sport

Kebanyakan mobil modern dilengkapi mode berkendara yang menawarkan respons tenaga mesin yang berbeda-beda. Biasanya tersedia pilihan Eco, Normal, dan Sport. Untuk respons mesin yang lebih cepat dan bertenaga, aktifkan mode Sport.


Tombol Overdrive
Tuas Transmisi

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *