BeritaOtomotif

Sejarah Bensin, Awalnya Dianggap Tak Berguna karena Kalah dari Minyak Tanah

×

Sejarah Bensin, Awalnya Dianggap Tak Berguna karena Kalah dari Minyak Tanah

Share this article
Sejarah Bensin, Awalnya Dianggap Tak Berguna karena Kalah dari Minyak Tanah

JAKARTA – Bensin merupakan bahan bakar utama mesin pembakaran dalam atau ICE. Selama berabad-abad, bensin adalah jantung industri otomotif. Tanpa bensin, mesin tidak bisa bekerja dan hanya menjadi “seonggok” besi.

Bensin atau gasoline pertama kali ditemukan secara tidak sengaja sebagai produk sampingan limbah dari penyulingan minyak bumi untuk memperoleh minyak tanah yang digunakan untuk penerangan.


Febri Ardani/Otomania Mesin bensin 1.4L turbo Chevrolet Trax 2017.

Hasil sulingan minyak tanah saat itu menghasilkan cairan yang lebih mudah menguap yang sekarang dikenal sebagai bensin. Cairan ini tidak disukai karena dianggap tidak berguna sebab mudah terbakar.

Pada tahun 1860-1880, tidak ada seorang pun di industri mesin pembakaran internal (ICE) yang tertarik pada bensin. Pada masa itu, sebagian besar prototipe awal mesin adalah mesin uap.

Lompatan besar bensin di industri otomotif dilakukan oleh Karl Benz, salah satu pendiri Mercedes-Benz, yang merupakan lulusan Institut Teknologi Karlsruhe.

Saat itu, Karl Benz membangun prototipe mesin monosilinder yaitu Benz Patent Motorwagen berbahan bakar bensin pertama pada 1879, yang akhirnya dipatenkan oleh Daimler pada tahun 1886.

Dari buku Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini karya James Luhulima, saat itu bensin atau juga dikenal sebagai benzene, bernama ligroin.

gasoline injector with fire on black background
Retouch man – stock.adobe.com gasoline injector with fire on black background

Tidak lama kemudian, di Amerika Serikat, tepatnya pada tanggal 6 September 1892, traktor bertenaga bensin pertama diproduksi oleh John Froelich dari Iowa, menggunakan mesin bensin satu silinder.

Pada tanggal 11 Juni 1895, paten pertama untuk mobil bertenaga bensin diberikan kepada Charles Duryea dari Springfield, Massachusetts.

Selama tahun 1900-1914, terjadi peralihan besar-besaran dari kereta kuda menjadi kereta bermesin. Di sinilah bensin memainkan peranan penting sebagai bahan bakar mesin mobil.

Perusahaan minyak mulai memproduksi bensin sebagai hasil penyulingan sederhana dari minyak bumi, sejalan dengan industri otomotif yang menciptakan kebutuhan akan bahan bakar baru.

Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours d'Elegance.
Kompas.com/Donny Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours d’Elegance.

Pada tahun 1905, kepemilikan mobil bertenaga bensin di AS mulai meningkat pesat, seiring meningkatnya produksi mobil dari merek-merek seperti Olds Motor Works, Cadillac, dan Ford pada tahun 1907.

Hal ini menyebabkan permintaan bensin ikut melonjak. Produsen minyak bumi semakin tertarik untuk menyuling minyak bumi sebagai “roda ekonomi masa depan.”

Sejalan dengan perkembangan mesin mobil, tuntutan untuk bahan bakar juga meningkat. Produsen mobil menginginkan bensin yang lebih baik yang sesuai dengan mesin modern.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *