BeritaTeknologi

6 Tablet dan HP Xiaomi Lawas yang Tidak Akan Lagi Dapat Update

×

6 Tablet dan HP Xiaomi Lawas yang Tidak Akan Lagi Dapat Update

Share this article
6 Tablet dan HP Xiaomi Lawas yang Tidak Akan Lagi Dapat Update

Xiaomi telah memperbarui daftar perangkat lama yang tidak akan menerima pembaruan software lagi. Daftar ini mencakup smartphone dan tablet dari merek Xiaomi, serta sub-merek seperti Redmi dan Poco.

Per tanggal 26 Agustus 2024, Xiaomi menambahkan enam model perangkat ke dalam daftar yang dinamakan End of Life (EOL). Beberapa di antaranya adalah Xiaomi Mix 4, Poco F3, dan Redmi K40.

Ketiga smartphone tersebut dirilis pada sekitar tahun 2021, sehingga telah mendapatkan dukungan update selama kurang lebih tiga tahun.

Mulai ke depannya, ketiga smartphone ini tidak akan menerima pembaruan software Android, antarmuka (user interface/UI) MiUI/HyperOS, atau patch keamanan, karena dukungannya sudah dihentikan.

Selain ketiga smartphone tersebut, ada juga tablet yang termasuk dalam daftar EOL bulan Agustus 2024. Berikut adalah rinciannya:

  1. Xiaomi Mix 4
  2. Xiaomi Pad 5 Pro 5G
  3. Xiaomi Pad 5 Pro (WiFi only)
  4. Poco F3 GT
  5. Poco F3
  6. Redmi K40

Pengguna perangkat dalam daftar di atas tidak akan mendapatkan fitur baru yang mungkin dirilis Xiaomi di masa mendatang. Antarmuka mereka juga akan tetap pada versi MiUI 14 tanpa update lebih lanjut.

Xiaomi mungkin masih akan memberikan update untuk daftar perangkat di atas di masa mendatang. Namun, update tersebut hanya akan bersifat kecil, seperti memperbaiki bug dan menjaga fungsionalitas perangkat.

Salah satu perangkat yang masuk dalam daftar tersebut adalah Poco F3. Ponsel ini diluncurkan di Indonesia pada April 2021. Dengan masuknya Poco F3 dalam daftar EOL, pengguna ponsel ini di Indonesia juga tidak akan mendapatkan pembaruan lebih lanjut.

Poco Poco F3.

Penghentian dukungan update sebenarnya merupakan hal yang biasa terjadi dalam industri gadget. Seiring berkembangnya teknologi, diperlukan perangkat yang lebih canggih. Sementara itu, perangkat lama sering kali tidak lagi mampu mendukung fitur baru.

Xiaomi biasanya memberikan dukungan update selama sekitar 2-3 tahun untuk produk-produk mereka. Mengingat Xiaomi rutin meluncurkan smartphone dan tablet setiap tahunnya, maka daftar EOL ini akan terus bertambah seiring waktu.

Praktik ini juga mendorong pengguna untuk melakukan upgrade ke perangkat baru agar dapat menikmati dukungan pembaruan dan fitur-fitur terbaru.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu untuk mendapatkan berita terkini.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *