BeritaKesehatan

Penyebab Kutil Lidah dan Cara Mencegah Infeksi Mulut, Dilarang Oral Seks?

×

Penyebab Kutil Lidah dan Cara Mencegah Infeksi Mulut, Dilarang Oral Seks?

Share this article
Penyebab Kutil Lidah dan Cara Mencegah Infeksi Mulut, Dilarang Oral Seks?

Benjolan kecil pada lidah, sering dikenal sebagai kutil lidah, bisa jadi merupakan tanda infeksi virus human papillomavirus (HPV) oral.

Menurut laporan, HPV oral biasanya menyebar melalui kontak intim seperti seks oral atau ciuman, dan berpotensi menyebabkan kutil pada lidah serta bagian mulut lainnya.

Dr. Joshua Zeichner, seorang profesor dermatologi dan Direktur Riset Kosmetik & Klinis di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, menjelaskan bahwa kutil tersebut berkembang akibat kontak langsung dengan virus. “Kutil muncul akibat kontak langsung dengan virus, jadi ketika berkembang di mulut, biasanya melalui kontak intim seperti berciuman,” ujarnya.

HPV oral tidak selalu menunjukkan gejala, tetapi bagi mereka yang terinfeksi mungkin akan menemukan kutil pada lidah, bibir, atau bagian dalam mulut.

Meskipun sebagian besar kasus HPV oral akan sembuh sendiri dalam beberapa tahun, sekitar 9 dari 10 kasus, menurut CDC, virus ini tetap dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius.

Salah satu risiko yang paling signifikan adalah kanker orofaring, yang berkembang di bagian belakang tenggorokan. Selain itu, jenis HPV lainnya bisa menyebabkan kanker serviks, vagina, penis, anus, atau vulva.

Berbeda dengan kutil lidah yang disebabkan oleh HPV oral, sariawan tidak menular dan tidak disebabkan oleh virus. Lesi ini sering kali terkait dengan stres, merokok, kekurangan gizi, atau cedera di area mulut, dan biasanya akan hilang dalam satu atau dua minggu.

Namun, jika Anda mengalami kutil pada lidah yang tidak kunjung hilang, membesar, atau semakin nyeri, sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Sebaiknya juga hindari seks oral jika ada luka terbuka atau luka di mulut, dan bagi yang berusia 26 hingga 45 tahun, pertimbangkan untuk mendapatkan vaksin HPV sebagai langkah pencegahan tambahan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *