BeritaOtomotif

Ini Faktor yang Pengaruhi Konsumsi Daya Mobil Listrik

×

Ini Faktor yang Pengaruhi Konsumsi Daya Mobil Listrik

Share this article
Ini Faktor yang Pengaruhi Konsumsi Daya Mobil Listrik

JAKARTA – Bagi pengguna mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle atau BEV), konsumsi daya menjadi aspek yang sangat penting, terutama jika kendaraan tersebut akan digunakan untuk perjalanan jauh.

Dengan terbatasnya fasilitas pengisian daya umum di Indonesia, kapasitas baterai menjadi hal krusial karena mempengaruhi jarak tempuh kendaraan.


Sumber: Haryantipuspasari Hyundai buka stasiun pengisian kendaraan listrik super cepat di Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023).

“Perkiraan jarak tempuh pada mobil listrik dipengaruhi oleh beberapa faktor, sehingga bisa bertambah atau berkurang dari angka yang sudah disertifikasi,” ujar Chief Operation Officer PT Gowa Modern Motor Ferry dalam keterangan yang diterima.

Kebiasaan mengemudi yang dimaksud meliputi berkendara dengan kecepatan tinggi atau seringnya berpindah dari gas ke rem. Selain itu, penggunaan daya tambahan seperti AC, pemanas, atau lampu juga turut memengaruhi jarak tempuh.

Faktor cuaca, temperatur, dan medan jalan juga dapat mempengaruhi performa mobil listrik. Pengemudi pun perlu memperhatikan kesehatan baterai atau State of Health (SOH).

Konsumsi daya listrik Ioniq 6
Sumber: Ruly Kurniawan Konsumsi daya listrik Ioniq 6.

“Ketika indikator peringatan baterai muncul di layar cluster, pengemudi dapat mengikuti tips untuk meningkatkan jarak tempuh dengan daya yang tersedia,” kata Ferry. “Jika level daya baterai mencapai 0 persen, sebaiknya tidak melanjutkan perjalanan. Parkirkan mobil di tempat yang aman dan hubungi bantuan dari diler,” lanjutnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *