BeritaKesehatan

Dokter Spesialis Gizi Klinik Pelajari Pengaturan Pola Makan Berbasis Gen

×

Dokter Spesialis Gizi Klinik Pelajari Pengaturan Pola Makan Berbasis Gen

Share this article
Dokter Spesialis Gizi Klinik Pelajari Pengaturan Pola Makan Berbasis Gen

Tes genetik tidak hanya digunakan untuk membuktikan garis keturunan, tetapi juga untuk mendeteksi penyakit hingga mengidentifikasi bakat seseorang. Saat ini, pengujian genetik dapat menjadi alat penting dalam mengukur risiko kesehatan jantung dan mengatur nutrisi bagi pasien yang menderita penyakit tersebut.

Inilah yang diperkenalkan oleh NalaGenetics, sebuah perusahaan bioteknologi yang fokus pada pengobatan, diet, dan skrining yang dipersonalisasi berdasarkan profil genetik.

Untuk membawa pendekatan baru ini, sebanyak 20 dokter spesialis gizi klinik baru saja mengikuti diskusi eksklusif bertema “Optimize Heart Health: Integrating Genetics into Nutritional Care”.

“Kami sangat antusias membawa pendekatan baru dalam nutrisi yang dipersonalisasi kepada praktisi di Indonesia, khususnya dalam pencegahan penyakit kardiometabolik,” ujar Levana Laksmicitra Sani, Co-Founder dan Chief Executive Officer NalaGenetics.

Ilustrasi pola makan (Freepik/KamranAydinov)

Levana menyebut bahwa pihaknya telah melihat dampak positif dari pencegahan berbagai penyakit melalui gaya hidup dan pola makan terhadap kehidupan pasien, termasuk yang memiliki risiko penyakit kardiovaskular.

NalaGenetics berharap dapat terus memberdayakan dan berkolaborasi dengan lebih banyak praktisi di masa depan. Dalam diskusi tersebut, dr. Ida Gunawan, MS, Sp.GK (K) FINEM, seorang dokter spesialis gizi klinik konsultan gizi pada kelainan metabolisme, memimpin sesi dengan fokus pada integrasi genetik dalam perawatan nutrisi kardiovaskular.

Diskusi ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dengan para dokter mengenai bagaimana pengujian genetik dapat memberikan wawasan penting tentang risiko penyakit kardiovaskular serta cara menerapkan pendekatan nutrigenomik dalam menjaga kesehatan pasien.

Para dokter yang berpartisipasi dalam diskusi ini menunjukkan antusiasme tinggi dan aktif dalam melakukan dialog. Sebelumnya, mereka baru saja berpartisipasi dalam acara 9th Jakarta Annual Meeting on Clinical Nutrition (JAMCN) dan Pertemuan Ilmiah Terbuka Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PIT PDGKI).

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *