BeritaOtomotif

Kenali Penyebab Bunyi Kasar Saat Starter Motor Matik Karbu

×

Kenali Penyebab Bunyi Kasar Saat Starter Motor Matik Karbu

Share this article
Kenali Penyebab Bunyi Kasar Saat Starter Motor Matik Karbu

SOLO – Suara bising yang muncul saat menghidupkan motor matik dengan sistem pembakaran karburator dapat mengganggu kenyamanan pengendara. Jika tidak segera ditangani, masalah ini bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

Penting bagi pemilik motor untuk mengenali dan menangani penyebab suara bising ini dengan cepat, agar motor matik tetap dalam kondisi optimal saat digunakan.

Foto: Honda Vario 110

Menurut Andre, pemilik Dhinata Jaya Garage, bunyi bising saat motor matik karburator dinyalakan biasanya disebabkan oleh komponen yang aus.

“Bisa jadi pinion gear atau dinamo starternya aus, atau mungkin juga karena kurang grease. Hal ini perlu diperhatikan,” kata Andre.

Andre menjelaskan, penyebab paling umum dari suara kasar saat distater adalah gear pinion yang sudah aus dan perlu diganti.

Apabila pemilik motor ingin mengatasi masalah ini tanpa mengganti komponen, itu bisa dilakukan, tetapi hanya bersifat sementara dan tentu saja kurang aman.

“Kalau diakali bisa, tetapi itu hanya sementara. Lebih baik diganti untuk keamanan,” tambah Andre.

Ia juga menekankan bahwa komponen tersebut memiliki masa pakai tertentu dan perlu diganti ketika sudah aus serta mulai mengeluarkan suara bising.

“Memang ada batas waktu pemakaian. Jika sudah ada suara kasar dari starter, sebaiknya diganti. Namun, jika suaranya masih halus meskipun sudah lama dipakai, maka tidak perlu menggantinya,” jelas Andre.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *