BeritaOtomotif

Awas! Ini Tanda-Tanda Busi Kendaraan Anda Perlu Diganti Segera

×

Awas! Ini Tanda-Tanda Busi Kendaraan Anda Perlu Diganti Segera

Share this article
Awas! Ini Tanda-Tanda Busi Kendaraan Anda Perlu Diganti Segera

Busi adalah komponen penting yang berfungsi memicu pembakaran campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar mesin. Namun, kadangkala komponen ini kurang diperhatikan oleh pemilik kendaraan.

Ada kalanya busi perlu diganti dengan yang baru, dan ada beberapa tanda yang dapat terlihat pada kendaraan yang menunjukkan hal tersebut, sebagaimana disampaikan oleh produsen suku cadang aftermarket otomotif di Indonesia.

1. Penurunan kinerja mesin

Busi memegang peranan penting pada sistem starter mobil, yaitu memberikan percikan api untuk menghidupkan mesin. Jika mesin sulit dinyalakan, mengalami getaran berlebihan saat diam, atau gas terasa berat saat diinjak, ini bisa menjadi indikasi bahwa busi perlu diganti.

2. Mobil mendadak lebih boros dari sebelumnya

Dampak dari busi yang aus dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat dan efisiensi kendaraan berkurang. Jika Anda menyadari bahwa mobil menjadi lebih boros dibandingkan sebelumnya, bisa jadi masalah berasal dari busi yang sudah usang.

3. Warna asap tidak normal

Kendaraan yang mengeluarkan asap berwarna hitam atau abu-abu gelap dapat menunjukkan adanya pembakaran yang tidak sempurna akibat busi yang tidak berfungsi dengan baik. Performa busi dapat terlihat dari perubahan warnanya. Jika warna busi gelap, ini menunjukkan proses pembakaran yang kurang sempurna, sedangkan warna kemerahan atau kekuningan menunjukkan mesin sering mengalami pemanasan berlebihan.

4. Suara mesin aneh ketika akselerasi

Ketika akselerasi terjadi, perubahan kecepatan mesin akan membuat RPM naik, yang menyebabkan busi harus bekerja lebih keras. Jika performa busi tidak optimal, pembakaran saat akselerasi bisa menjadi tidak sempurna. Mesin yang mengalami pembakaran tidak sempurna dapat mengeluarkan suara aneh seperti tersendat, dan getaran yang tidak biasa bisa dirasakan di dalam kendaraan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *