BeritaOtomotif

Tips Aman Mengemudikan Mobil yang Belum Dilengkapi Fitur ABS

×

Tips Aman Mengemudikan Mobil yang Belum Dilengkapi Fitur ABS

Share this article
Tips Aman Mengemudikan Mobil yang Belum Dilengkapi Fitur ABS

KLATEN – Mobil modern sekarang dilengkapi dengan sistem rem anti-lock (ABS) yang berguna untuk mencegah roda mengalami selip saat pengereman.

Artinya, terdapat kemungkinan roda mobil tanpa ABS dapat mengalami selip saat di rem. Oleh karena itu, langkah antisipasi perlu dilakukan, terutama saat berkendara di jalanan licin.

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim, menyatakan bahwa pada saat musim hujan atau jalan berpasir, penting untuk menyesuaikan kebiasaan mengemudi guna mencegah terjadinya kecelakaan.

“Kecepatan kendaraan sebaiknya dikurangi, terutama untuk mobil yang tidak dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti ABS, karena kecepatan sangat berkaitan dengan proses pengereman,” ungkap Ibrohim baru-baru ini.

Ibrohim menjelaskan bahwa jika kendaraan melaju dengan cepat di permukaan jalan yang licin, mobil akan sulit untuk bermanuver dengan baik.

“Saat berbelok, misalnya, untuk dapat bermanuver dengan baik, kecepatan kendaraan harus dikurangi. Biasanya pengemudi akan menekan pedal rem, namun untuk mobil yang tidak ada ABS, ini sangat berisiko,” tambah Ibrohim.


Pixabay Tekanan angin pada ban mobil hendaknya disesuaikan dengan beban mobil.

Menurut Ibrohim, cara paling aman untuk menghindari tergelincir adalah dengan mengurangi kecepatan kendaraan.

“Misalnya, melakukan pengereman dengan perlahan, atau sesekali mengocok pedal rem adalah tindakan yang bisa diambil, tetapi ini berlaku hanya untuk pengemudi yang sudah berpengalaman dan memahami karakteristik rem pada mobilnya. Sebaiknya pengemudi umum mengurangi kecepatan kendaraan,” lanjut Ibrohim.

Jadi, menurut Ibrohim, langkah yang paling tepat untuk mencegah mobil tanpa ABS tergelincir di jalan yang licin adalah dengan menurunkan laju kendaraan sebagai langkah pencegahan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *