BeritaEntertainmentSelebritis

Diusung sebagai Cawagub Jawa Barat, Ini Perjalanan Karier Ronal Surapradja yang Dulunya Penyiar

×

Diusung sebagai Cawagub Jawa Barat, Ini Perjalanan Karier Ronal Surapradja yang Dulunya Penyiar

Share this article
Diusung sebagai Cawagub Jawa Barat, Ini Perjalanan Karier Ronal Surapradja yang Dulunya Penyiar

PDIP Resmi Usung Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja

PDIP telah mengusung pasangan Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan bertanding dalam Pilkada 2024.

Ronal Surapradja dikenal luas sebagai presenter, penyiar radio, pembawa acara, komedian, dan aktor.

Nama Ronal dan Jeje didaftarkan oleh PDIP ke KPUD Jabar pada hari terakhir pendaftaran resmi, yaitu pada Kamis (29/8/2024) pukul 23.59 WIB.

Ronal mengaku kaget setelah dirinya didaftarkan untuk maju dalam Pilkada Jawa Barat 2024.

“Saya juga kaget, saya mendapat kabar ini saat dalam sebuah acara,” ungkap Ronal pada Jumat (30/8/2024).

Seperti apa jejak karier Ronal hingga akhirnya memutuskan terjun ke dunia politik? Berikut ulasannya.

Profil Ronal Surapradja

Ronal Surapradja lahir di Bandung pada 26 Mei 1977 dengan nama lengkap Ronal Sunandar Surapradja. Pria berdarah Sunda ini lebih dikenal sebagai presenter dan komedian yang terkenal lewat acara komedi ‘Extravaganza’.

Menikah dengan Seruni Purnamasari pada 25 Mei 2008, Ronal dikaruniai dua orang anak. Namun, Ronal dan Seruni bercerai pada 23 Juni 2023.

Jejak Karier Ronal Surapradja

Ronal menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Ia memulai kariernya sebagai penyiar radio dan dikenal sebagai penyiar di Jak FM yang membawakan acara ‘Sarapan Seru Ronal Tike’.

Selain ‘Extravaganza’, Ronal juga menarik perhatian publik lewat acara ‘Indonesia Lawak Klub’ dan ‘Waktu Indonesia Bercanda’.

Ronal Surapradja tidak hanya mahir membawakan acara komedi, tetapi juga telah membuktikan kemampuannya dalam berakting. Beberapa film yang dibintanginya meliputi ‘Janji Joni’, ‘Vina Bilang Cinta’, dan ‘Dunia Lain the Movie’.

Selain berkecimpung di dunia presenter dan seni peran, pria berusia 47 tahun ini juga memiliki kecintaan terhadap musik. Ia bahkan telah merilis dua album, yaitu ‘Ronaldisko’ dan ‘RockNal’.

Terjun ke Dunia Politik

Kiprah Ronal Surapradja di dunia politik resmi dimulai ketika ia memutuskan bergabung dan maju sebagai calon legislatif DPR dari Jawa Barat dalam Pemilu 2024.

Namun, sayangnya Ronal tidak lolos setelah mengumpulkan sebanyak 5.747 suara di Dapil Jawa Barat XI.

Pencalonan terbarunya adalah sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat bersama Jeje Wiradinata, mantan Bupati Pangandaran.

Demikian ulasan mengenai profil dan jejak karier Ronal Surapradja hingga dirinya terjun ke dunia politik dan diusung sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat dalam Pilkada 2024.

Kontributor : Dini Sukmaningtyas

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *