BeritaOtomotif

Apakah Pakai Kaca Film Semakin Gelap Bisa Bikin Kabin Dingin?

×

Apakah Pakai Kaca Film Semakin Gelap Bisa Bikin Kabin Dingin?

Share this article
Apakah Pakai Kaca Film Semakin Gelap Bisa Bikin Kabin Dingin?

SOLO – Kaca film mobil bukan hanya berfungsi untuk menjaga privasi pengemudi dan penumpang, tetapi juga berperan sebagai penghalau sinar matahari agar kabin mobil tetap terasa lebih dingin.

Banyak pemilik mobil yang memilih untuk memasang kaca film dengan tingkat kegelapan yang tinggi demi mendapatkan kabin yang dingin, padahal pilihan tersebut bisa jadi kurang tepat.


Nissan Indonesia Ilustrasi kaca film mobil.

CEO Makko Group, Christopher Sebastian, menjelaskan bahwa saat ini teknologi kaca film sudah cukup maju. Oleh karena itu, memilih kaca film yang lebih gelap untuk menciptakan suasana yang dingin bisa jadi pilihan yang salah.

“Sekarang ada kaca film dengan harga terjangkau, seperti kaca film signature yang hanya di bawah Rp 1 juta per mobil, tetapi dapat menolak panas secara maksimal meskipun dengan tipe yang terang,” ungkap Christopher.

Untuk itu, jika ingin menjaga suhu kabin mobil tetap dingin, disarankan untuk memilih kaca film berdasarkan teknologinya, bukan hanya mempertimbangkan tingkat kegelapannya saja.

“Yang harus diperhatikan adalah teknologi dari produk kaca filmnya, bukan hanya gelap atau terang,” tambahnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Danu, seorang pegawai di Jaya Mandiri Motor Spesialis Kaca Film Mobil di Sukoharjo, Jawa Tengah. Ia menegaskan bahwa tingkat dingin kabin lebih ditentukan oleh tipe kaca film yang digunakan, bukan oleh kegelapannya.

“Ada beberapa merek kaca film yang memiliki karakteristik yang berbeda. Kadangkala, kadar kegelapan 40 hingga 80 persen dapat memberikan perlindungan panas yang sama, dan terkadang tipe yang lebih rendah di 40 persen justru bisa lebih efektif menjaga suhu dingin,” ujar Danu.

Maka, bagi pemilik mobil yang ingin kabin mobilnya tetap dingin, disarankan untuk memilih kaca film berdasarkan mereknya dan karakteristiknya, bukan hanya berdasarkan persentase kegelapannya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *