BeritaOtomotif

Jenis Ban Mobil yang Bisa Bikin Hemat Bahan Bakar

×

Jenis Ban Mobil yang Bisa Bikin Hemat Bahan Bakar

Share this article
Jenis Ban Mobil yang Bisa Bikin Hemat Bahan Bakar

JAKARTA – Memilih ban mobil bukan hanya berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan, tetapi juga dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar.

Seiring dengan kenaikan harga bahan bakar dan meningkatnya kesadaran akan lingkungan, produsen ban mulai menawarkan produk-produk khusus untuk mengurangi konsumsi bahan bakar.

Menurut Fisa Rizqiano, Head of Original Equipment (OE) di Bridgestone Indonesia, ban dengan label “Eco” memiliki karakteristik khusus yang memungkinkan kendaraan untuk mengonsumsi bahan bakar dengan lebih efisien.

“Secara umum, produk-produk yang berlabel Eco memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih baik karena memiliki hambatan gulir yang rendah,” ujar Fisa.

Hambatan gulir yang rendah ini diperoleh dengan menggunakan komponen tapak khusus yang dapat menahan pembangkitan panas, serta desain struktur ban yang dirancang untuk mengurangi kehilangan energi dengan meminimalisir defleksi pada ban.


Sumber: otomotif Jenis ban mobil yang diklaim hemat BBM.

Zulpata Zainal, PG-On Vehicle Test (OVT) dari GT Radial, menambahkan bahwa ban kategori eco tire memiliki nilai hambatan gulir rendah atau Rolling Resistance Coefficient (RRC), yang membuatnya lebih hemat energi dibandingkan ban reguler.

“Meski membutuhkan energi lebih sedikit untuk bergulir, ban eco tire tetap mempertahankan performa utama seperti kenyamanan, stabilitas di permukaan kering dan basah, serta daya pengereman di jalan basah,” tambahnya.

Menurutnya, ban jenis ini tidak hanya membantu dalam penghematan BBM, tetapi juga tetap menawarkan kenyamanan dalam berkendara.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *