BeritaOtomotif

Perjalanan Pebalap Thailand Somkiat Chantra, dari ATC ke MotoGP

×

Perjalanan Pebalap Thailand Somkiat Chantra, dari ATC ke MotoGP

Share this article
Perjalanan Pebalap Thailand Somkiat Chantra, dari ATC ke MotoGP

JAKARTA – Pebalap Thailand, Somkiat Chantra, dipastikan akan naik kelas ke MotoGP bersama Idemitsu Honda LCR pada musim 2025, menggantikan Takaaki Nakagami.

Chantra mencatatkan sejarah sebagai pebalap pertama Thailand dan Asia Tenggara yang berkompetisi di kelas utama balap motor dunia.

Somkiat mengikuti jejak mantan rekan setimnya, Ai Ogura, yang lebih dulu memastikan langkahnya ke MotoGP dalam pengumuman di GP Austria lalu.

 

Dari informasi yang diperoleh, baik Chantra maupun Ogura adalah contoh sukses dari program Road to MotoGP. Keduanya pernah berkompetisi di Asia Talent Cup (ATC).

Kedepannya, mereka diharapkan menjadi pelopor bagi bintang-bintang baru asal Thailand, Jepang, dan Asia lainnya, termasuk Indonesia, yang diharapkan dapat masuk ke kelas tertinggi MotoGP.

Karier awal Chantra di ATC berjalan cukup mulus. Dalam dua musim pertamanya di ATC, ia langsung meraih sukses yang memuaskan.

Pada tahun 2016, ia sukses menjadi juara meskipun baru dua musim ikut balapan. Dua tahun kemudian, pada tahun 2018, ia berkompetisi di Kejuaraan Dunia JuniorGP.

Pada tahun yang sama, ia juga mengikuti wildcard di Moto3 2018, di mana Chantra finis di posisi kesembilan.

Selanjutnya, Chantra terjun penuh di Kejuaraan Dunia Moto2 pada tahun 2019. Kemenangan pertamanya diraih di MotoGP Indonesia pada musim 2022.

Chantra kemudian menambah jumlah kemenangannya dengan 25 poin di GP Jepang pada tahun 2023 dan berhasil mengakhiri musim tersebut di peringkat keenam klasemen akhir.

Kini, di tengah musim 2024, Chantra dipromosikan naik ke MotoGP untuk musim 2025. Menariknya, Thailand akan menjadi tuan rumah pembuka balapan pada musim depan.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *