BeritaOtomotif

Haram Pertalite? Intip Mobil Baru Tunggangan Kimberly Ryder Pemberian Jhon LBF

×

Haram Pertalite? Intip Mobil Baru Tunggangan Kimberly Ryder Pemberian Jhon LBF

Share this article
Haram Pertalite? Intip Mobil Baru Tunggangan Kimberly Ryder Pemberian Jhon LBF

Baru-baru ini, Jhon LBF menjadi sorotan setelah memberikan sebuah mobil MPV kepada Kimberly Ryder.

Mobil tersebut adalah salah satu kendaraan terlaris di Indonesia, yaitu Toyota Avanza.

Tidak diberikan secara cuma-cuma, Jhon mengungkapkan bahwa hadiah mobil ini untuk Kim (sapaan akrab Kimberly) karena ia merupakan Brand Ambassador dari salah satu perusahaannya, Hive Five.

“Alhamdulillah lancar. Penyerahan Satu Unit Mobil Baru Untuk @kimbrlyryder sebagai brand ambassador @hivefive.co.id,” tulis Jhon di akun media sosialnya.

Berbicara tentang “MPV sejuta umat”, Toyota Avanza hadir di Indonesia dengan dua varian mesin, yaitu varian 1.3 L yang bertenaga 98 Ps dan versi 1.5 L yang bertenaga 106 ps.

Mobil ini dijual di Indonesia dengan harga mulai dari 239,7 juta rupiah hingga 276,7 juta rupiah.

Haram Pertalite

Kimberly Ryder diberi mobil baru oleh Jhon LBF (Instagram)

Salah satu fakta menarik mengenai mobil ini adalah bahwa kembaran Daihatsu Xenia ini tidak diperbolehkan menggunakan Pertalite.

Menurut informasi di situs Auto 2000, mobil ini memiliki kompresi 11,5:1.

Menurut situs resmi Pertamina, kompresi tersebut lebih cocok untuk bahan bakar dengan oktan minimal 92, seperti Pertamax dan BBM sekelasnya.

Hal ini juga berkaitan dengan kebijakan terbaru dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia, yang mengungkapkan bahwa BBM bersubsidi (termasuk Pertalite) akan dibatasi, di mana mobil dengan kapasitas mesin di atas 1400cc tidak diperbolehkan menggunakan “minyak hijau”.

Kebijakan ini kini sudah dalam tahap sosialisasi dan akan diatur melalui peraturan menteri (Permen).

“Ya memang ada rencana demikian, karena begitu aturannya keluar, Permennya keluar, itu kan ada waktu untuk sosialisasi,” ujar Bahlil.

Direncanakan bahwa pembatasan ini akan diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Namun, Avanza versi 1.3 L masih bisa menggunakan Pertalite, asalkan melakukan pendaftaran untuk memperoleh QR Code.

Spesifikasi Toyota Avanza

Toyota Avanza. (Astra Toyota)
Toyota Avanza. (Astra Toyota)

Toyota Avanza dilengkapi dengan dua varian mesin, yaitu 1NR-VE dan 2NR-VE. Keduanya menggunakan mesin 4 silinder segaris dengan 16 katup DOHC dan Dual VVT-i.

Mesin 1NR-VE memiliki diameter x langkah 72.5 x 80.5 mm dan kapasitas silinder 1,329 cc, menghasilkan daya maksimum 98 ps pada 6,000 rpm dan torsi maksimum 12.4 kgm pada 4,200 rpm.

Sementara itu, mesin 2NR-VE memiliki diameter x langkah 72.5 x 90.6 mm dengan kapasitas silinder 1,496 cc, menghasilkan daya maksimum 106 ps pada 6,000 rpm dan torsi maksimum 14 kgm pada 4,200 rpm.

Semua varian menggunakan sistem injeksi bahan bakar elektronik dan memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 43 liter.

Pendapatan Jhon dari Youtube

Potret Jhon LBF saat memberikan mobil kepada Kimberly Ryder (Instagram/jhonlbf)
Potret Jhon LBF saat memberikan mobil kepada Kimberly Ryder (Instagram/jhonlbf)

Pemberian Toyota Avanza ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat Jhon memiliki berbagai sumber penghasilan, termasuk dari Youtube.

Menurut data dari Social Blade, pendapatan bulanan dari akun @jhon_lbf ini diperkirakan mencapai 161-2.600 dolar AS, atau sekitar 2.487.450-40.170.000 rupiah per kurs 30 Agustus 2024.

Setidaknya dibutuhkan waktu enam bulan agar Jhon bisa kembali modal setelah membeli Avanza, jika hanya mengandalkan pendapatan dari Youtube dengan potensi maksimal.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *