BeritaOtomotif

Toyota Starlet Kotak Mau Pakai Power Steering, Bisa Comot Soluna

×

Toyota Starlet Kotak Mau Pakai Power Steering, Bisa Comot Soluna

Share this article
Toyota Starlet Kotak Mau Pakai Power Steering, Bisa Comot Soluna

JAKARTA – Toyota Starlet generasi awal atau sering disebut Starlet kotak alias Starko kini semakin populer. Desainnya yang klasik dan harga yang terjangkau membuat mobil ini menarik banyak perhatian.

Namun, mobil tua seperti ini tentu memerlukan beberapa penyesuaian. Teknologi yang digunakan pada mobil lama berbeda dengan mobil modern saat ini.

Mamang Mawardi, pemilik bengkel spesialis Toyota Starlet, Depok Auto Care, menyatakan bahwa salah satu komponen yang sering ditambahkan pada Starko adalah power steering.


Foto: Hendra Cipto Ardhy dengan mobil Toyota Starlet tuanya membuka usaha cafe keliling

“Mobil tahun segitu belum dilengkapi dengan power steering, jadi kami melakukan upgrade menggunakan komponen dari Starlet dengan harapan pemasangannya dapat dilakukan tanpa kendala,” kata Mamang di Depok, Jawa Barat, baru-baru ini.

Mamang mengungkapkan bahwa pemasangan power steering pada Starko cukup mudah karena beberapa komponen masih menggunakan merek Toyota lainnya.

“Untuk power steering, rack steer antara Toyota Soluna dan Starlet itu sama, hanya saja berbeda di long tie road karena milik Soluna lebih lebar. Namun, rack steer dan joint steer itu identik,” ujarnya.

Toyota Starlet kotak
Foto: Gregy Toyota Starlet kotak

Tidak hanya rack steer, Mamang juga menjelaskan bahwa tabung power steering bisa menggunakan komponen dari Soluna atau Kijang tua.

“Untuk tabung yang menampung minyak atau oli bisa menggunakan milik Soluna atau yang universal dari Kijang,” ujarnya.

“Namun, menurut saya, pompa sebaiknya menggunakan yang original agar tekanan dari pompa sesuai standar. Selang juga usahakan menggunakan yang original, karena jika tidak, biasanya akan muncul bunyi mengganggu saat belok,” tambahnya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *