SOLO – Merawat sepeda motor matik injeksi sangat penting untuk menjaga kinerja kendaraan dan memperpanjang umur mesin.
Perawatan rutin tidak hanya menjaga performa, tetapi juga mencegah masalah yang bisa muncul dari penggunaan sehari-hari.
Motor matik dengan teknologi injeksi memerlukan perhatian khusus dalam hal pemeliharaan agar sistem injeksi bahan bakar, transmisi otomatis, dan komponen lainnya tetap berfungsi dengan baik.
Andre, pemilik workshop Dhinata Jaya Garage, menjelaskan bahwa perawatan motor matik injeksi lebih intensif dibandingkan jenis lainnya.
“Perawatan seperti mengganti oli mesin dan oli gardan secara berkala, pemeriksaan rutin CVT, serta pemeriksaan rem depan belakang sangat penting untuk dilakukan secara rutin,” kata Andre.
Untuk mengganti oli mesin, sebaiknya dilakukan setiap 1.500-2.000 km sekali, sedangkan oli gardan perlu diganti setiap 8.000 km.
Dengan melakukan penggantian oli secara rutin, pelumasan akan lebih optimal, sehingga dapat mencegah keausan dan kerusakan.
“Pemeriksaan atau servis CVT dapat dilakukan setiap 8.000 km, sedangkan untuk rem sekitar 10.000-15.000 km tergantung kondisi dan penggunaan,” tambah Andre.
Dengan perawatan yang rutin, pemilik motor matik injeksi dapat memastikan kendaraan mereka tetap dalam kondisi prima dan mencegah masalah yang dapat memengaruhi kinerja serta keamanan saat berkendara.