SOLO – Saat libur Natal dan Tahun Baru 2025, banyak orang yang memanfaatkan waktu tersebut untuk berlibur ke daerah Puncak, yang sering kali menyebabkan kemacetan lalu lintas.
Kemacetan di jalur Puncak menjadi tantangan bagi pengemudi, terutama ketika terjebak di tanjakan. Dalam situasi seperti ini, pemilik mobil dengan transmisi matik perlu memastikan menggunakan gigi yang tepat untuk keselamatan berkendara.
Muchlis, pemilik bengkel spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, menjelaskan bahwa saat terjebak macet dan mobil matik harus berhenti di tanjakan, disarankan untuk memposisikan tuas transmisi di N.
Beda dan fungsinya tuas transmisi mobil matik
“Jika berhenti karena macet, pastikan posisi tuas transmisi matik di N dan aktifkan rem tangan,” ujarnya baru-baru ini.
Hardi Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, juga menegaskan pentingnya memposisikan tuas transmisi di N saat terjebak macet di tanjakan. “Jika mobil berhenti cukup lama, pengemudi harus memindahkan tuas transmisi ke netral agar tidak merusak komponen,” tambahnya.
Dia menambahkan, jika posisi tuas transmisi dibiarkan di D saat kemacetan berlangsung lama, dapat menyebabkan kampas forward clutch aus, serta oli transmisi bisa mengalami overheating yang akhirnya menurunkan performa mobil.
Selain itu, untuk mobil yang belum dilengkapi dengan fitur auto brake hold, Hindari menekan pedal rem terlalu lama dan sebaiknya aktifkan rem tangan guna mengurangi risiko mobil meluncur ke bawah.
Penting bagi pengemudi mobil dengan transmisi matik untuk selalu mengaktifkan rem tangan dan memindahkan tuas ke posisi N saat berhenti lama di tanjakan, terutama ketika jalanan macet.