BeritaOtomotif

Radiator Mobil Harus Prima Saat Mobil Dipakai Menanjak

×

Radiator Mobil Harus Prima Saat Mobil Dipakai Menanjak

Share this article
Radiator Mobil Harus Prima Saat Mobil Dipakai Menanjak

KLATEN – Tanjakan merupakan medan jalan yang cukup menantang bagi sebagian orang, karena tidak hanya menguji keterampilan pengemudi, tetapi juga performa kendaraan.

Mobil harus dalam kondisi prima agar dapat digunakan dengan baik untuk menanjak.

Muchlis, pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi di Garasi Auto Service Sukoharjo, menjelaskan bahwa sistem pada mobil bekerja saling berkaitan. Untuk mencapai pencapaian seperti menanjak, diperlukan dukungan dari banyak sistem dalam kendaraan.

“Saat menanjak, bukan hanya tenaga yang diperhatikan, tetapi sistem pendingin mesin juga harus berfungsi dengan baik. Jika tidak, peluang mesin overheat sangat tinggi, yang bisa menyebabkan mobil gagal menanjak,” ucap Muchlis.

Muchlis menambahkan bahwa mobil perlu dirawat secara rutin untuk memastikan sistem pendingin mesin berfungsi dengan baik. Ini termasuk pemeriksaan beberapa komponen penting, seperti radiator dan kipasnya.

“Radiator berfungsi sebagai area pendingin coolant. Ketika coolant mengalir melalui pipa tipis, panas akan diserap oleh sirip-sirip di sekitarnya, dan kipas radiator bertugas untuk membuang panas,” jelas Muchlis.


Hyundai Worldwide Ilustrasi mobil overheat.

Muchlis menyatakan bahwa radiator harus dipastikan tidak mampat agar coolant bisa mengalir dengan semestinya dan menjaga suhu mesin tetap ideal.

“Penting untuk memastikan radiator tidak bocor. Jika bocor, coolant akan terbuang dan lama-kelamaan habis. Jika sudah demikian, sistem pendingin mesin tidak akan berfungsi,” tambah Muchlis.

Ketika mesin dipacu untuk melibas tanjakan, suhu mesin cenderung akan meningkat. Jika radiator tidak dalam kondisi yang baik, hal ini dapat mengakibatkan overheat dan merusak mesin.

Hardi Wibowo, pemilik Bengkel Aha Motor di Yogyakarta, menambahkan bahwa radiator tidak hanya mendinginkan mesin, tetapi juga transmisi matik.

“Tanpa pendinginan yang baik, oli matik bisa overheating, yang menyebabkan penurunan performa. Pentransferan tenaga menjadi tidak optimal, dan selip antara kopling bisa merusak kampas,” ungkap Hardi.

Oleh karena itu, radiator harus dalam kondisi prima agar mobil dapat melibas tanjakan dengan lebih mudah dan mencegah kerusakan pada komponen lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *