BeritaOtomotif

MotoGP Kembali Digelar di Sirkuit Brno pada Musim 2025

×

MotoGP Kembali Digelar di Sirkuit Brno pada Musim 2025

Share this article
MotoGP Kembali Digelar di Sirkuit Brno pada Musim 2025

JAKARTA – MotoGP akan kembali digelar di Sirkuit Brno, Republik Ceko pada musim 2025 mendatang.

Sirkuit Brno sebelumnya menjadi tuan rumah MotoGP dari tahun 1987 hingga 2020, kecuali pada tahun 1992.

Namun, pada musim 2021, sirkuit tersebut mengumumkan mundur dari kalender MotoGP.

Keputusan ini disebabkan oleh masalah finansial yang rumit akibat pandemi virus corona (Covid-19) yang melanda sejak pertengahan tahun 2020. Sejak saat itu, Sirkuit Brno hanya berfokus pada acara berskala nasional dan Eropa.

Carmelo Ezpeleta, Direktur Utama Dorna Sports, baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa Sirkuit Brno akan kembali ke kalender MotoGP pada periode 2025 hingga 2029.

“Kami sangat senang dapat mengumumkan kembalinya kami ke Brno. Ini adalah trek balap klasik dengan tata letak yang fantastis, telah menjadi saksi berbagai momen berkesan dalam sejarah panjangnya di MotoGP,” ucap Ezpeleta.

Sirkuit Brno terakhir kali menjadi tuan rumah pada tahun 2020, saat banyak pebalap mengeluhkan kondisi lintasan yang dianggap kurang optimal.

Bahkan, ada permintaan agar sirkuit tersebut melakukan pengaspalan ulang, mengingat kualitas grip dan lintasan dilaporkan menurun karena sudah bertahun-tahun tidak mendapatkan pemeliharaan yang memadai.

Sirkuit ini kemudian berpindah tangan pada tahun 2023, diakuisisi dari Karel Abraham Sr. oleh Karel Hubacek.

“Saya senang dengan keberhasilan penyelesaian negosiasi, yang merupakan hasil pendekatan konstruktif dari semua pihak yang terlibat. Saat ini, kami sepenuhnya fokus pada fase persiapan utama berikutnya untuk memastikan para penggemar akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa,” ungkap Karel Hubacek, Ketua Dewan Automotodrom Brno.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *