BeritaOtomotif

Mesin Motor Injeksi Masih Perlu Dipanaskan Sebelum Dipakai Berkendara

×

Mesin Motor Injeksi Masih Perlu Dipanaskan Sebelum Dipakai Berkendara

Share this article
Mesin Motor Injeksi Masih Perlu Dipanaskan Sebelum Dipakai Berkendara

SOLO – Meskipun sepeda motor dengan mesin injeksi telah mengalami kemajuan, kebiasaan memanaskan mesin sebelum digunakan tetap sangat penting.

Memanaskan mesin sebelum berkendara memastikan oli dapat bersirkulasi dengan baik ke seluruh komponen mesin.

Selain itu, memanaskan mesin membantu sistem kontrol elektronik pada motor injeksi untuk mendapatkan data suhu mesin yang akurat, sehingga campuran bahan bakar dan udara dapat diatur dengan tepat demi performa maksimal.

Yamaha Grand Filano, skutik merek Jepang rasa Eropa.

Andre, pemilik Workshop Dhinata Jaya Garage, menekankan bahwa motor injeksi tetap perlu dipanaskan karena membantu oli bersirkulasi terlebih dahulu.

“Sebenarnya sangat penting (motor injeksi dipanaskan), hal ini berguna agar oli dapat bersirkulasi terlebih dahulu sebelum mengendarai motornya,” kata Andre pada Rabu (28/8/2024).

Memanaskan motor injeksi tidak hanya memastikan oli bersirkulasi, tetapi juga membawa manfaat lain, seperti menghindari masalah brebet pada kendaraan dan meningkatkan kinerja mesin.

“Manfaat lainnya adalah untuk mencegah brebet dan tidak ngempos, karena suhu kerja mesin yang optimal sekitar 80 derajat Celcius,” tambah Andre.

Andre juga menyarankan bahwa memanaskan motor injeksi tidak memerlukan waktu yang lama, cukup sekitar 3-5 menit saja.

Ketika memanaskan mesin motor injeksi, pemilik tidak perlu memainkan gas atau menggeber, cukup biarkan mesin dalam posisi idle.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *