BeritaKesehatan

7 Cara Mengatasi Kutu Rambut Beserta Telurnya, Efektif dan Cepat Hilang

×

7 Cara Mengatasi Kutu Rambut Beserta Telurnya, Efektif dan Cepat Hilang

Share this article
7 Cara Mengatasi Kutu Rambut Beserta Telurnya, Efektif dan Cepat Hilang

Kutu rambut adalah serangga parasit yang hidup di kulit kepala akibat kurangnya menjaga kebersihan rambut. Meskipun kutu rambut lebih sering ditemukan pada anak-anak, parasit kecil ini juga dapat menular dan ditemukan pada orang dewasa. Untuk mencegah penularan, penting untuk mengetahui cara mengatasi kutu rambut.

Kutu rambut hidup dengan cara memakan darah dari kulit kepala manusia. Lendir yang dihasilkan kutu setelah menghisap darah inilah yang menyebabkan rasa gatal di kepala. Meskipun tidak berbahaya, jika tidak segera diatasi, kutu rambut dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan iritasi akibat garukan pada kulit kepala yang gatal.

Penyebab Kutu Rambut

Proses penularan kutu rambut sering terjadi melalui kontak langsung dari kepala ke kepala atau dengan menggunakan barang pribadi milik pengidap. Kutu biasanya jarang menyebar tanpa adanya kontak langsung.

Barang-barang pribadi yang berpotensi menularkan kutu antara lain jilbab, topi, sisir, aksesori rambut, earphone, bantal, baju, hingga handuk. Bahkan, hewan peliharaan seperti anjing atau kucing tidak berperan dalam penyebaran kutu rambut, karena jenis kutu di badan mereka berbeda dengan jenis kutu yang menginfeksi manusia.

Cara Mengatasi Kutu Rambut

Terdapat berbagai cara untuk membasmi kutu rambut dan telurnya yang bisa dilakukan dengan mudah, mulai dari minyak nabati, minyak esensial, campuran cuka dan garam, hingga obat penghilang kutu rambut. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Menggunakan Minyak Jelantah

Minyak jelantah adalah minyak goreng yang sudah digunakan. Meskipun beraroma tidak sedap dan berwarna keruh, minyak jelantah dapat digunakan untuk membasmi kutu dan telurnya di kulit kepala. Biasanya, kutu rambut dapat mati ketika terkena minyak jelantah.

Cara penggunaannya pun praktis; cukup oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 10-15 menit, lalu sisir rambut menggunakan sisir serit untuk menghilangkan kutu dan telurnya.

2. Menggunakan Minyak Nabati

Jika tidak nyaman dengan bau minyak jelantah, gunakan minyak nabati seperti minyak kelapa, minyak kemiri, minyak zaitun, atau minyak almond untuk mengatasi kutu rambut dan telurnya. Minyak nabati dapat memudahkan proses pengeluaran kutu dan telurnya pada rambut atau kulit kepala karena kandungannya yang bisa membasmi kutu rambut.

3. Cuka dan Garam

Anda juga bisa menggunakan kombinasi bahan alami seperti cuka dan garam. Campurkan kedua bahan tersebut dalam botol plastik, kocok hingga tercampur rata.

Selanjutnya, semprotkan campuran garam dan cuka ke kulit kepala secara merata. Tunggu selama 5 hingga 10 menit, lalu sisir rambut dan cuci hingga bersih.

4. Mencampurkan Minyak Esensial

Minyak esensial dapat membantu mengatasi kutu rambut dan telurnya. Campurkan beberapa jenis minyak esensial dengan air hangat, lalu teteskan ke dalam botol semprot. Semprotkan campuran tersebut ke seluruh kulit kepala dan rambut, diamkan selama 30 menit, sebelum disisir dan dibilas dengan air bersih.

5. Kondisioner Rambut

Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan kondisioner rambut. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Cuci rambut dengan sampo biasa
  • Oleskan kondisioner secara merata
  • Sisir seluruh rambut mulai dari akar hingga ujungnya.

6. Obat Kutu

Obat kutu adalah cara yang efektif sebagai solusi untuk mengatasi kutu rambut. Pemberian obat ini dapat dilakukan jika kutu tidak kunjung hilang setelah beberapa minggu. Obat jenis ini diyakini efektif membunuh kutu dan telurnya pada semua jenis rambut dan dapat ditemukan dengan mudah.

7. Bawang Putih

Cara terakhir yang bisa Anda coba adalah menggunakan bawang putih. Kutu tidak menyukai aroma bawang putih yang kuat. Selain itu, bawang putih memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri, sehingga sering digunakan sebagai alternatif untuk membasmi kutu rambut.

Demikianlah cara-cara mengatasi kutu rambut secara efektif. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *