BeritaOtomotif

Cara Mengenali Tanda-tanda Rem Motor Mulai Aus

×

Cara Mengenali Tanda-tanda Rem Motor Mulai Aus

Share this article
Cara Mengenali Tanda-tanda Rem Motor Mulai Aus

JAKARTA – Rem motor adalah salah satu komponen paling krusial dalam menjaga keselamatan berkendara. Mengabaikan kondisi rem yang sudah aus dapat berakibat fatal, terutama saat diperlukan pengereman mendadak di jalan raya.

Menurut Purnomo, pemilik bengkel Tamaro Motor di Palmerah, Jakarta Barat, ada beberapa tanda yang dapat dikenali pengendara sebelum rem motor benar-benar tidak berfungsi.

“Tanda pertama yang mudah dikenali adalah suara berdecit atau berderit saat rem digunakan. Ini biasanya disebabkan oleh kampas rem yang sudah menipis,” kata Purnomo pada Selasa (27/8/2024).

Ia juga menjelaskan bahwa selain suara, pengendara perlu memperhatikan respons rem.

“Jika rem terasa lebih dalam saat ditekan atau daya cengkeramnya berkurang, itu merupakan tanda bahwa kampas rem sudah mulai habis,” tambahnya.

Purnomo menekankan pentingnya melakukan pengecekan rutin dan segera mengganti kampas rem jika ditemukan tanda-tanda keausan.

Wahana Honda Ilustrasi memperbaiki rem motor.

Keausan pada rem juga bisa dikenali dari perubahan warna pada piringan rem.

“Jika piringan rem mulai berubah warna menjadi kebiruan atau hitam, itu bisa jadi tanda bahwa piringan sudah terlalu panas karena gesekan terus-menerus dengan kampas rem yang sudah aus,” jelasnya.

Purnomo menyarankan agar segera mengganti piringan rem yang mengalami perubahan warna untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Purnomo menekankan pentingnya untuk tidak menunda perbaikan rem, terutama jika sudah merasakan tanda-tanda tersebut.

“Jangan tunggu sampai terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan. Segera periksa dan ganti komponen rem yang sudah aus untuk memastikan keselamatan berkendara,” kata Purnomo.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita terbaru kami WhatsApp Channel : Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *