BeritaEntertainmentSelebritis

6 Fakta Moerdiono, Ayah Kandung Iqbal Ramadhan Ternyata Orang Berpengaruh di Pemerintahan Soeharto

×

6 Fakta Moerdiono, Ayah Kandung Iqbal Ramadhan Ternyata Orang Berpengaruh di Pemerintahan Soeharto

Share this article
6 Fakta Moerdiono, Ayah Kandung Iqbal Ramadhan Ternyata Orang Berpengaruh di Pemerintahan Soeharto

Nama Iqbal Ramadhan menjadi perbincangan setelah ditangkap oleh aparat kepolisian dan mengalami penganiayaan saat demonstrasi menolak Revisi UU Pilkada 2024 di Gedung DPR.

Baru-baru ini terungkap bahwa Iqbal Ramadhan bukanlah orang sembarangan. Hal ini dikarenakan kedua orangtuanya merupakan figur publik yang terkenal pada era tahun 90-an.

Machiha Mochtar dan putranya, Iqbal Ramadhan (Instagram/machicamochtar70)

Ibu Iqbal Ramadhan, Machica Mochtar, adalah seorang penyanyi dangdut senior, sedangkan ayahnya adalah Moerdiono, seorang jenderal yang juga mantan menteri pada era pemerintahan Soeharto.

Moerdiono adalah sosok yang penting dalam sejarah Indonesia. Sebagai seorang Jenderal, ia terlibat dalam berbagai peristiwa besar.

1. Pendidikan

Moerdiono menyelesaikan pendidikan di Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Malang pada tahun 1957 di usia 23 tahun. Selanjutnya, ia mengikuti pelatihan di Sekolah Calon Perwira (Secapa) di Yogyakarta pada tahun 1959 dan juga belajar di Command and General Staff College, Amerika Serikat.

2. Salah Satu Orang yang Menumpas PKI

Pada tahun 1966, setelah peristiwa G30S, kariernya mulai bersinar. Moerdiono berperan dalam pembubaran PKI berdasarkan Supersemar atau Surat Perintah Sebelas Maret.

3. Karier di Pemerintahan

Moerdiono menjadi Sekretaris Presiden dalam Kabinet Ampera pada tahun 1972 dan kemudian menjabat sebagai Menteri Muda Sekretaris Kabinet periode 1983-1988. Ia juga memegang posisi Menteri Sekretaris Negara periode 1988-1993 dan 1993-1998.

4. Dianggap Salah Satu Orang Kepercayaan Soeharto

Moerdiono dikenal sebagai salah satu orang kepercayaan Presiden Soeharto dan sering berperan sebagai juru bicara pemerintah. Ia terlibat dalam banyak keputusan penting dan berperan dalam pengoordinasian urusan kabinet.

5. Akhir Jabatan

Setelah jatuhnya pemerintahan Soeharto pada Mei 1998, Moerdiono mengundurkan diri sebagai Mensesneg, dan kariernya mulai meredup. Namun, ia masih sering muncul di media nasional.

6. Meninggal Dunia

Moerdiono meninggal dunia pada 7 Oktober 2011 di Jakarta, setelah 17 bulan mengalami komplikasi penyakit. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Demikianlah beberapa fakta mengenai ayah Iqbal Ramadhan yang ternyata merupakan salah satu orang berpengaruh di era pemerintahan Soeharto.

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *