BeritaKesehatan

5 Obat Herbal Batuk Pilek dengan Bahan Rumahan, Bisa Dibuat Sendiri Loh!

×

5 Obat Herbal Batuk Pilek dengan Bahan Rumahan, Bisa Dibuat Sendiri Loh!

Share this article
5 Obat Herbal Batuk Pilek dengan Bahan Rumahan, Bisa Dibuat Sendiri Loh!

Belakangan ini, batuk dan pilek banyak menyerang masyarakat. Penyakit ini mudah menjangkiti berbagai kalangan usia, baik bayi, anak-anak, maupun orang dewasa. Untuk mengobatinya, masyarakat dapat memanfaatkan 5 obat herbal batuk pilek.

Batuk sendiri merupakan reaksi alami dari tubuh manusia untuk membersihkan saluran pernapasan dari zat asing, lendir, maupun molekul-molekul yang mengganggu saluran pernapasan. Meskipun demikian, batuk yang disertai pilek sering kali mengganggu dan menguras energi bila tidak segera diobati.

Batuk dan pilek juga merupakan jenis penyakit yang mudah menular kepada orang lain, terutama jika daya tahan tubuh sedang lemah. Selain pengobatan medis, ada beberapa obat batuk alami yang dapat membantu mendukung penyembuhannya. Mari simak penjelasan lebih lanjut mengenai beberapa pilihan obat alami untuk batuk dan pilek dalam artikel berikut ini.

5 Obat Herbal Batuk Pilek

Ada beberapa ramuan herbal yang bisa digunakan sebagai obat batuk dan pilek. Sebagian besar pengobatan dengan cara alami ini efektif mengatasi batuk pilek baik pada bayi maupun orang dewasa. Berikut beberapa obat herbal batuk pilek:

1. Jahe

Tumbuhan jahe selama ini dikenal mampu mengobati batuk pilek karena mengandung beberapa zat yang bermanfaat. Jahe mengandung minyak atsiri 2-3% (seperti zingiberin, kemferia, borneol, limonen, sineol, dan lain-lain), serta berbagai senyawa lainnya yang bekerja sebagai anti radang sehingga menghambat pertumbuhan bakteri penyebab batuk atau pilek.

Ilustrasi jahe (pixabay.com/jmexclusives)

Cara memanfaatkan jahe adalah dengan menumbuk satu ruas jahe kemudian direbus dengan setengah gelas air, atau bisa juga dengan membakar satu ruas jahe, menumbuknya, dan merebusnya dengan setengah gelas air, lalu mencampurnya dengan gula jawa.

2. Madu

Madu memiliki berbagai sifat antibakteri dan antimikroba. Mengonsumsi madu dengan teh yang ditambahkan lemon dapat meredakan sakit tenggorokan. Berdasarkan penelitian, madu terbukti efektif menekan batuk. Memberikan anak-anak 10 gram madu sebelum tidur juga dapat mengurangi keparahan gejala batuk dan membuat mereka tidur lebih nyenyak.

3. Kencur

Kencur mengandung senyawa-senyawa seperti borneol dan cinnamic aldehyde yang dapat menghangatkan tubuh, meredakan rasa sakit, serta membantu mengencerkan dahak.

Ilustrasi kencur (Elements Envato)
Ilustrasi kencur (Elements Envato)

4. Air Garam

Air garam dapat digunakan sebagai obat herbal untuk batuk dan pilek. Membilas hidung dengan air garam dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan menghilangkan partikel virus serta bakteri. Cukup campurkan 1/4 sdt garam dengan 1/4 sdt soda kue ke dalam 250 ml air hangat, lalu gunakan spuit atau alat nasal irrigation untuk menyemprotkan larutan tersebut ke dalam hidung.

5. Kunyit

Kunyit merupakan obat herbal batuk pilek yang sangat efektif. Kunyit mengandung kurkumin, senyawa yang bisa meningkatkan respon antibodi untuk melawan kuman dan virus penyebab batuk serta pilek. Anda bisa memanfaatkan kunyit dengan menambahkannya ke dalam susu hangat atau air hangat.

Demikianlah 5 obat herbal batuk pilek sebagai rekomendasi yang dapat dibuat sendiri di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *